Kontribusi Kemandirian Dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Mata Pelajaran Menggambar Dengan Perangkat Lunak (MdPL)
Nur Hidayat, M.Pd., , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tingkat prestasi belajar siswa pada mata pelajaran MdPL; (2) tingkat kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran MdPL, (3) tingkat pemanfaatan fasilitas belajar pada mata peajaran MdPL, (4) kontribusi kemandirian belajar terhadap prestasi pada mata pelajaran MdPL, (5) kontribusi fasilitas belajar terhadap prestasi pada mata pelajaran MdPL, (6) kontribusi kemandirian dan fasilitas belajar secara bersama-sama terhadap prestasi pada mata pelajaran MdPL.
Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TGB SMK Negeri 1 Seyegan, dengan jumlah 62 siswa dan sampel 52 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan angket dan dokumentasi. Angket digunakan untuk mengumpulkan data kemandirian dan fasilitas belajar sedangkan dokumentasi digunakan untuk mengambil data prestasi. Uji coba instrument ini digunakan uji terpakai terhadap 51 siswa. Data dianalisis dengan regresi ganda. Sebelum dilakukan analisis data, dilakukan pengujian prasyarat analisis meliputi uji normalitas, linieritas, dan multikolinieritas.
Hasil penelitian ini adalah: (1) Tingkat prestasi belajar siswa termasuk dalam kategori tinggi (mean=83,49); (2) Tingkat kemandirian belajar siswa termasuk dalam kategori tinggi (mean=37,50); (3) Tingkat pemanfaatan fasilitas belajar tinggi (mean=52,00); (4) Tidak ada kontribusi kemandirian belajar terhadap prestasi mata pelajaran MdPL, ditunjukkan dengan nilai ρ > 0,05 ( 0,328 > 0,05); (5) Tidak ada kontribusi fasilitas belajar terhadap prestasi mata pelajaran MdPL, ditunjukkan dengan nilai ρ > 0,05 (0,563 > 0,05); (6) Tidak ada kontribusi kemandirian dan fasilitas belajar secara bersama-sama terhadap prestasi pada mata pelajaran MdPL, ditunjukkan dengan nilai ρ > 0,05 (0,456 > 0,05) pada taraf signifikansi 5%.
Full Text:
PDFReferences
Anton Sukarno. (1999). “Ciri-ciri Kemandirian Belajar”. Jakarta: Kencana Prenada Media
Bimo Walgito. (2004). “Bimbingan dan Konseling di Sekolah”. Yogyakarta: Andi Offset
Carolus Adi Purwono. (2014).”Konstribusi Motivasi Belajar Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK N 1 Cangkringan Tahun Ajaran 2013/2014”. Skripsi.UNY
Dalyono. (2012). “Psikologi Pendidikan”. Jakarta: Rineka Cipta
Dimyati dan Mudjiono. (2006). “Belajar dan Pembelajaran”. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah. (2008). “Rahasia Sukses Belajar”. Jakarta:Rineka Cipta
Djemari Mardapi. (2008). “Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes”.
Yogyakarta: Mitra Cendekia.
Ibrahim Bafadal. (2004). “Manajemen Perlengkapan Sekolah dan Aplikasinya”. Jakarta: Bumi Aksara
Ismani, dkk. (2012). “Pedoman Penulisan Tugas Akhir Jurusan Pendidikan
Akutansi”. Yogyakarta: FISE UNY
Martini, C.K. (2015). “Strategi Training Within Industry Sebagai Upaya Peningkatan Kepercayaan Diri Siswa Pada Mata Pelajaran Pengolahan Makanan Kontinental”. Jurnal Pendidikan Teknik dan Kejuruan, Vol 22, No. Hal 410-423
Mohamad Surya. (2004). “Dalam Proses Belajar Mengajar”. Bandung: PT
Remaja Rosda Karya
Muhibbin Syah. (2008). “Psikologi Belajar”. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Eko Mulyadi. (2015). “Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kinerja dan Prestasi Belajar Fisika Siswa SMK”. Jurnal
Pendidikan Teknik dan Kejuruan, Vol. 22, No.4, Hal 385-395
Purwadi Wijaya. (2011).” Konstribusi Fasilitas Belajar, Motivasi Berprestasi, dan Kinerja Guru Terhadap Prestasi Belajar PLC Siswa Kelas XI Program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan di SMK Piri 1 Yogyakarta”. Skripsi.UNY
S. Nasution. (2004). “Sosiologi Pendidikan”. Jakarta: Bumi Aksara
Sardiman. (2012). “Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar”. Jakarta: Prestasi
Jakarta
Slameto, (2010). “Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya”. Jakarta:
Rineka Cipta
Sugiyono. (2010). “Metode Penelitian: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan
R&D”. Bandung: Alfabeta.
----------. (2015). “Statistika Untuk Penelitian”. Bandung: Alfabeta
Suharsmi Arikunto. (2010). “Prosedur Penelitian: Edisi Revisi 2010”. Jakarta: Rineka Cipta.
Sukardi .(2011). “Metodologi penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya”. Jakarta: Bumi Aksara.
Sutrisno Hadi. (2004). “Analisis Regresi”. Yogyakarta: Andi Offset
The Liang Gie. (2002). “Cara Belajar yang Efisien”. Yogyakarta: Gajah Mada
University Press.
Triyono. (2013). “Metodologi Penelitian Pendidikan”. Yogyakarta: Ombak
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Jakarta. Depdiknas.
Undang-undang Perpustakaan Nomor 43 Tahun 2007. Yogyakarta: Graha Ilmu
Wastono, FX. (2015). “Peningkatan Kemandirian Belajar Siswa SMK Pada Mata Diklat Teknologi Mekanik dengan Metode Problem Based Learning”. Jurnal Pendidikan Teknik dan Kejuruan, Vol 22, Hal 396-400
Yohanes Babari, dkk. (2002). “Character Building II, Relasi dengan Sesama”. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Refbacks
- There are currently no refbacks.