,
, Indonesia
,
, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar tingkat minat siswa SMK N 2 Pengasih masuk perguruan tinggi, pengaruh cita- cita siswa, lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah dan hubungan antara faktor faktor cita- cita , lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah terhadap minat siswa SMK N 2 Pengasih masuk perguruan tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Variable bebas adalah faktor cita- cita (X1) , faktor lingkungan keluarga (X2) dan faktor lingkungan sekolah (X3) dan variabel terikat adalah minat masuk perguruan tinggi (Y). Populasi penelitiaan adalah siswa kelas XII SMK N 2 Pengasih sebanyak 499 siswa . Sampel berjumlah 205 siswa ditentukan dengan tabel Issac dan Michael. Instrumen penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis regresi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)Minat siswa kelas XII SMK N 2 Pengasih masuk perguruan tinggi yaitu dengan rata- rata sebesar 59.6 % atau dalam kategori sedang. (2) Minat siswa kelas XII SMK N 2 Pengasih masuk perguruan tinggi yang berdasar pada faktor cita-cita yaitu dengan rata- rata sebesar 70 % dan termasuk ke dalam kategori tinggi. (3) Minat siswa kelas XII SMK N 2 Pengasih masuk perguruan tinggi yang berdasar pada faktor lingkungan keluarga yaitu dengan rata- rata sebesar 62.5 % atau dalam kategori sedang. (4) Minat siswa kelas XII SMK N 2 Pengasih masuk perguruan tinggi yang berdasar pada faktor lingkungan sekolah yaitu dengan rata- rata sebesar 67.86 % atau dalam kategori tinggi. (5) Ada hubungan yang positif dan signifikan antara faktor cita- cita dengan minat siswa kelas XII SMK N 2 Pengasih masuk perguruan tinggi, ( p < 0,05). (6) Adahubungan positif dan signifikan antara faktor lingkungan keluarga dengan minat siswa kelas XII SMK N 2 Pengasih masuk perguruan tinggi, ( p < 0,05). (7) Ada hubungan positif dan signifikan antara faktor lingkungan sekolah dengan minat siswa kelas XII SMK N 2 Pengasih masuk perguruan tinggi, ( p < 0,05). (8) Ada hubungan positif dan signifikan antara faktor cita-cita ,faktor lingkungan keluarga dan faktor lingkungan sekolah dengan minat siswa SMK N 2 Pengasih masuk perguruan tinggi, ( p < 0,05). Faktor cita-cita memiliki koefisien regresi 0.577, faktor lingkungan keluarga memiliki koefisien regresi sebesar 0.533 dan faktor lingkungan sekolah memiliki koefisien regresi sebesar 0.126.
References
Anonim. (2016). Peluang dan tantangan dalam menghadapi masyarakat ekonomi ASEAN . http://www.gajimu.com . Diakses pada 4 Oktober 2016 pukul 13.00 WIB.
Djemari, Mardapi. (2008). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Non Tes. Yogyakarta: Mitra Cendekia.
Fraenkel, J.R dan Wellen, N.E. 2008. How to Design and Evaluate research in Education. New York: McGraw-Hill.
Jonathan Sarwono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Rifai Adita. (2013). Perbandingan minat siswa SMK Negeri dan SMK Swasta pada Program Studi Teknik Elektronika di Kabupaten Kulon Progo untuk melanjutkan studi vokasi di perguruan tinggi atau wirausah. Skripsi. FT UNY
Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003.