Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik di Jurusan Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Seyegan
Dr. V. Lilik Hariyanto, M.Pd., , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor kesulitan belajar yang dialami peserta didik kelas X jurusan Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Seyegan tahun ajaran 2016/2017 pada mata pelajaran Mekanika Teknik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran mekanika teknik di jurusan teknik gambar bangunan SMK Negeri 1 Seyegan disebabkan: (1) Faktor internal yang secara keseluruhan tergolong tinggi dengan persentase sebesar 64.58%, (a) faktor minat yang tergolong cukup tinggi dengan persentase 55.38%, (b) faktor bakat yang tergolong tinggi dengan persentase 76.76% dan (c) faktor motivasi yang tergolong tinggi dengan persentase sebesar 65.03%. (2) faktor eksternal secara keseluruhan tergolong tinggi dengan persentase 67.23%, (a) faktor hubungan dengan orangtua yang tergolong cukup tinggi dengan persentase sebesar 55.38%, (b) faktor cara mengajar guru yang tergolong tinggi dengan persentase sebesar 70.42% dan (c) faktor teman bergaul yang tergolong tinggi dengan persentase sebesar 70.76%.
Full Text:
PDFReferences
Djemari Mardapi. (2008). Penyusunan Instrumen Tes dan Non Tes. Yogyakarta: Mitra Cendekia Offset.
Husaini, usman dan purnomo Setiady Akbar. (2009). Metode Penelitian Sosial. Jakarta : PT Bumi Aksara.
M. Dalyono. (2009). Psikologi Penddikan. Jakarta. Rajawali Press.
Slameto. (2010). Belajar & Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.