Kontribusi Prestasi Belajar Prakarya-Kewirausahaan dan Peran Guru sebagai Agen Perubahan dalam Proses Pembelajaran Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XII Jurusan Teknik Bangunan SMK Negrei 1 Seyegan Tahun ajaran 2015/2016

Iswanu Iswanu, , Indonesia
Drs. H. Sutarto, Ph.D., , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) prestasi belajar prakarya-kewirausahaan; (2) peran guru sebagai agen perubahan dalam proses pembelajaran; (3) minat berwirausaha; (4) kontribusi efektif prestasi belajar prakarya-kewirausahaan; (5) kontribusi efektif peran guru sebagai agen perubahan dalam proses pembelajaran; (6) kontribusi efektif prestasi belajar prakarya-kewirausahaan dan peran guru sebagai agen perubahan dalam proses pembelajaran secara bersama-sama terhadap minat berwirausaha siswa.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian expose facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini siswa kelas XII jurusan teknik bangunan SMK N 1 Seyegan jumlah 83 siswa. Jumlah sampel ditentukan melalui tabel Cochran, Cohen menjadi 68 siswa pengambilan sampel dilakukan secara acak. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi berupa nilai ujian tengah semester 1 untuk prestasi belajar mata pelajaran prakarya-kewirausahaan, angket untuk peran guru sebagai agen perubahan dalam proses pembelajaran dan minat berwirausaha. Angket disajikan dalam bentuk skala Likert empat alternatif jawaban. validitas instrumen diuji dengan uji korelasi product moment dan uji reliabilitas instrument dengan metode Cronbach’s Alpha, sedangkan uji regresi digunakan untuk menguji hipotesis dengan taraf signifikan 5%.

Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) prestasi mata pelajaran prakarya-kewirausahaan yang lolos kriteria ketuntasan minmal adalah 51 siswa (73%)  dan 17 siswa (27%) masih dibawah batas ketuntasan minimal, (2) peran guru sebagai agen perubahan dalam proses pembelajaran termasuk dalam kategori tinggi yang dicapai 44 siswa (65%), (3) minat berwirausaha termasuk dalam kategori sangat tinggi yang dicapai 36 siswa (53%), (4) prestasi belajar memberikan kontribusi efektif terhadap minat berwirausaha sebesar 15,52%, (5) peran guru sebagai agen perubahan dalam proses pembelajaran memberikan kontribusi efektif terhadap minat berwirausaha sebesar 10,50%, (6) prestasi belajar dan peran guru sebagai agen perubahan dalam proses pembelajaran secara bersama-sama memberikan kontribusi efektif terhadap minat berwirausaha sebesar 26,2%.

Full Text:

PDF

References


Abri, M. Alisuf. (2005). Psikologi Pendidikan Berdasarkan Kurikulum Nasional. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya.

Abror Rahman. 1993. Psikologi Pendidikan.Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya.

Abu Ahmadi. 1997. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Abu Ahmadi. 2003. Teknik Belajar yang Efektif. Jakarta: PT Melton Putra.

Agus Sujanto. 1986. Psikologi Umum. Jakarta: Aksara.

Anita Volintia Dewi dan Endang Mulyatiningsih. (2013).Pengaruh Pengalaman Pendidikan Kewirausahaan di Sekolah, Keluarga, dan Masyarakat serta Ketrampilan Kejuruan terhadap Motivasi Berwirausaha Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi (Nomor 2 tahun 2013). Hlm. 1-163-177.

Arikunto, Suharsimi. 1986. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Bina Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arnie Fajar. 2005. Portofolio Dalam Pelajaran IPS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

As'ad, M. 2004 . Psikologi Industri, Seri Umum. Sumber Daya Manusia. Edisi 4. Bandung: Alfabeta.

Bimo Walgito. 1995. Bimbungan dan Penyuluhan di Sekolah. Yogyakarta: Adi Offset.

Chaplin, J. P. (2008). Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Dakir. 1993. Dasar-Dasar Psikologi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Deddy Mulyana. 2010. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Geoffrey, G. Meredith, et. Al. (1996). Kewirausahaan Teori Dan Praktek. Jakarta : PT. Pustaka Binaman Presindo.

http://disdik. Tabalong.net. Arianto. Kewirausahaan pada Siswa. Pada tanggal 24 Mei 2015, Jam 03.00 WIB.

Mardiyatmo. 2005. Kewirausahaan. Surakarta: Yudhistira.

Moh. Uzer Usman. (2002). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mohamad Ali & Mohammad Asrori. 2005. Psikologi Remaja (Perkembangan Peserta Didik). Jakarta: PT Bumi Aksara.

Muhibbin Syah. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Muhibbin Syah. (2002). Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru. Bandung : Rosdakarya.

Muhibbin Syah. (2003). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Muhibbin syah. (2005). Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Mulyasa. (2007). Menjadi Guru Profesional, Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyanangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Nana Sudjana. (1982). Methode Statistika. Bandung: Transito.

Nana Syoadih Sukmadinata. (2003). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Ofset.

Napitupulu. (2009). Bangsa Besar Indonesia. Kompas (10 September 2009). Hlm 18.

Nasution. (1990). Guru Sebagai Agen Perubahan. Bandung: PT Rosdakarya Offset.

Ngalim Purwanto. (2003). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Oemar Hamalik. (2003). Proses Belajar mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Roger E Mayyer. (1995). Diffusion Of Inovation. Jakarta: PT Gramedia Pustaka.

S. Nasution. (1996). Berbagai Pendekatan dalam Proses belajara dan mengajar. Jakarta: PT Bumi Asara.

Saifuddin Azwar. (2001). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sakti Fajar Wanto. (2013). Pengaruh Kemandirian dan Motivasi Berwirausaha Terhadap Minat Berwirausaha siswa SMK N 1 Seyegan. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin FT UNY (Nomor 2 Tahun 2014). Hlm 185-192

Slameto. 1995. Belajar Dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Slameto. 1995. Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sri Rumini. 1993. Penyelidikan Tentang Prestasi Belajar Psikologi Berkembangan dalam Hubunganya dengan Tingkat Kecerdasan. Yogyakrata: FIP IKIP.

Sri Rumini. (1995). Psikologi Pendidikan. FIP IKIP Yogyakarta: UPP IKIP Yogyakarta.

Sudjana. (1992). Metode Statistika Edisi kelima. Bandung : Tarsito.

Sugihartono, dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: FIP UNY.

Sugiyono. (2002). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. (2007). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. (2008). Metdodologi Penelitian Kuantitataif Kualitatif R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfa Beta.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Sumadi Suryabrata. (2002). Psikologi Belajar. Red Ed. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sumadi Suryabrata. (2004).Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sutrisno Hadi. (1987). Metodologi Rerearch. Yogyakarta : Andi Offset.

Sutrisno Hadi. (2002). Metodologi Research. Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM.

Tarsis Tarmuji. (2000). Prinsip-Prinsip Wirausaha. Yogyakarta: Liberty.

Tim penyusun Kamus Pusat. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi ke-tiga. Jakarta: Balai Pustaka.

W.S Winkel. (2004). Psikologi pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.

Wasty Soemanto. (2002). Pendidikan Wiraswasta. Jakarta: Bumi Aksara.

Witherington. (1985). Psikologi Pendidikan. Jakarta : Aksara Baru.

Wuradji. (2006). Panduan penelitian Survei. Yogyakarta: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.