Tingkat Kesesuaian Kompetensi Mata Pelajaran Gambar Bangunan Paket Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Depok Dengan Kebutuhan Dunia Kerja Di Yogyakarta

yogi astikasari, , Indonesia
Drs. Sumarjo H, MT, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kompetensi mata pelajaran gambar bangunan SMK Negeri 2 Depok yang relevan dengan dunia kerja; (2) kompetensi mata pelajaran gambar bangunan yang diajarkan di SMK Negeri 2 Depok akan tetapi tidak dibutuhkan di dunia kerja; (3) kompetensi yang dibutuhkan di dunia kerja akan tetapi yang tidak di ajarkan di SMK Negeri 2 Depok; (4) besar presentase tingkat kesesuaian antara kompetensi di SMK Negeri 2 Depok dengan yang dibutuhkan di dunia kerja.

Tempat penelitian ini adalah Jurusan Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Depok dan dunia kerja di wilayah DIY. Jenis penelitian ini adalah deskriptif eksploratif non hipotesis. Teknik pengumpulan data dengan metode dokumentasi dan wawancara. Keabsahan data diuji dengan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, dan trianggulasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat 261 kompetensi yang sesuai dengan dunia kerja dari 333 kompetensi mata pelajaran gambar bangunan yang ada pada kelas x sampai dengan kelas XIII yang diajarkan di SMK Negeri 2 Depok. (2) Terdapat 72 kompetensi mata pelajaran gambar bangunan yang tidak dibutuhkan di dunia kerja tetapi diajarkan di SMK Negeri 2 Depok. (3) Terdapat 135 kompetensi gambar bangunan yang dibutuhkan di dunia kerja tetapi tidak diajarkan di SMK Negeri 2 Depok. (4)  Tingkat kesesuaian kompetensi mata pelajaran gambar bangunan yang diajarkan di SMK Negeri 2 Depok dengan yang dibutuhkan di dunia kerja adalah sebesar 65,91% yaitu dalam kategori sesuai.


Full Text:

PDF

References


Mardalis. (2007). Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara.

Nana Syaodih. (2006). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Restu Kartiko. (2010). Asas Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Graha llmu.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (1996). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukardi. (201 1). Metode Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktilcnya. Jakarta: Bumi Aksara.

Sukandamrmidi.(2006). Meto dologi Penelitian : Petunjuk Prahis Untuk Peneliti Pemula. Yogyakarta: Gajah Mada University Press


Refbacks

  • There are currently no refbacks.