Pengaruh Prestasi Belajar Kelompok Mata Pelajaran Kompetensi Kejuruan Dan Hasil Praktik Kerja Industri Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Teknik Gambar Bangunan SMK N 1 Seyegan
Drs. Bada Haryadi, M.Pd., , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh prestasi belajar kelompok mata pelajaran kompetensi kejuruan dan hasil praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII Teknik Gambar Bangunan SMK N 1 Seyegan. Penelitian ini merupakan penelitian Ex-post Facto. Seluruh anggota populasi menjadi sampel, sehingga penelitian ini merupakan penelitian populasi. Pengumpulan data variabel prestasi belajar kelompok mata pelajaran kompetensi kejuruan menggunakan dokumentasi rapot. Variabel hasil praktik kerja industri dan kesiapan kerja siswa menggunakan angket dengan skala likert. Validasi isi dengan Judgement experts dan validasi konstruk dengan korelasi Product Moment. Uji reliabilitas menggunakan teknik belah dua jumlah nomor ganjil dan genap (Split Half). Uji persyaratan analisis normalitas, linieritas dan multikolinieritas dilakukan sebelum melakukan uji regresi. Hasil analisis deskriptif menunjukkan: (1) rata-rata nilai prestasi belajar kelompok mata pelajaran kompetensi kejuruan adalah 79,48 yang termasuk kategori baik dalam rentang 74,77 – 82,77; (2) rata-rata skor hasil praktik kerja industri adalah 94,8 yang termasuk kategori cukup dalam rentang 30 - 120; (3) ratarata skor kesiapan kerja siswa adalah 173,3 yang termasuk kategori cukup dalam rentang 54 – 216..
Hasil analisis regresi ganda menunjukkan prestasi belajar kelompok mata pelajaran kompetensi kejuruan (X1 ) dan hasil praktik kerja industri (X2) secara bersama berpengaruh terhadap kesiapan kerja siswa (Y), sesuai persamaan Y = -0,818 + 1,609 + 0,487 . Variabel dan berpengaruh positif dengan kuat hubungan yang rendah terhadap Y, yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi ganda (Rx1x2y ) = 0,386. Besar pengaruh kedua variabel bebas terhadap variabel terikat ditunjukkan oleh koefiesien determinasi (R²) = 0,149 (14,9%), sedangkan 85,1 % dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.Full Text:
PDFReferences
Anoraga, Pandji. (1992). Psikologi Kerja. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Aptiyasa, Putu Agus Aprita. (2012). Pengaruh Mata Pelajaran Produktif Dan Praktik Kerja Lapangan Terhadap Kesiapan Menjadi Tenaga Kerja Industri Jasa Konstruksi Siswa Kelas XI Jurusan Bangunan Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Yogyakarta. Skripsi. UNY
As’ad, Moh. (1991). Psikologi Industri (edisi keempat). Yogyakarta : Liberty Yogyakarta.
Billett, Stephen. (2011). Vocational Education: Purposes, Traditions and Prospects. New York: Springer Science & Business Media.
Corsini, Raymond J. (2002). The Dictionary of Psychology. Great Britain : Brunner-Routledge.
Carducci, Bernardo J., (2009). The Psychology of Personality : Viewpoints, Research, and Applications. United Kingdom : John Wiley & Sons.
Cardwell, Mike. (2013). Dictionary of Psychologi. New York : Routledge.
Chaplin, James Patrick. (1999). Kamus Lengkap Psikologi, alih bahasa Kartini Kartono. Jakarta: Rajawali Pers .
Darley, John M.; Sam Gluckberg & Rohald A. Kinchla. (1986). PSYCHOLOGY Third Edition. New Jersey : Prentice-Hall .
Djiwandon, Sri Esti. W. (1989). Psikologi Pendidikan (Rev-2). Grasindo.
Dikti. (2010/2011). Definisi dan Pengertian Kompetensi dan Learning Outcomes. Diakses dari www.dikti.go.id/files/atur/KKNI/Kompetensi pada tanggal 25 Maret 2014.
Gasskov, Vladimir. (2000). Managing Vocational Training Systems: A Handbook for Senior Administrators. Switzerland: International Labour Organization.
Goble, Frank G. (2004). The Third Force: The Psychology of Abraham Maslow. Florida: Maurice Bassett.
Greaney, vincent and Thomas Khallaghan. (2008). Assessing National Achievement Levels in Educations, volume 1. Washington: The World Bank
Griffin, Ricky W. & Ronald J. Ebert. (2007). BISNIS (Alih bahasa: Sita Wardhani). Jakarta : Penerbit Erlangga
Hadi, Sutrisno. (2004). Metodologi Research, Jilid 3. Yogyakarta: Andi Offset.
Hidayat, Anang. (2007). Strategi Six Sigma. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo
Hutapea, Parulian dan Nurianna Thoha. (2008). KOMPETENSI Plus. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Kemendikbud. (1997). Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia Nomor 323/U/1997 tentang Pendidikan Sintem Ganda yang diakses dari jodenmot.wordpress.com/2013/03/07/pendidikan-sistem-ganda-di-smk/ pada tanggal 25 Maret 2014
Kemenagkertrans. (2013). Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI Republik Indonesia Nomor 207 Tahun 2013 tentang SKKNI Jasa Arsitektur dan Teknik Sipil. Diakses dari http://www.lsplmi.org/ pada tanggal 1Mei 2014.
Koor. Prakerin, SMK N 1 Seyegan. (2013). Jurnal Praktik Kerja Industri, SMK N 1 Seyegan. Seyegan : SMK N 1 Seyegan.
Kompasiana .(2013). Pengangguran SMK Tinggi, Ironi Slogan “SMK Bisa!”. Diakses dari http://edukasi.kompasiana.com/2013/11/06/pengangguran-smk-tinggi-ironislogan-smk-bisa-607079.html pada tanggal 12 November 2014.
Martoyo, Susilo. (1994). Manajemen sumber Daya Manusia, edisi 3. Yogyakarta: BPFE
Millon, Theodore, et all. (2003). Handbook of Psychology, Personality and Social Psychology. Canada : John Wiley & Sons
Mulyodiharjo, Sumartono. (2010). The Power Of Communication. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Nölker, Helmut dan Eberhard Schoenfeldt. (1983). Pendidikan Kejuruan (Alih bahasa: Agus Setiadi). Jakarta :PT. Gramedia
Nollette, Chris, et all. (2012). Emergency Services Leaderhip. USA : Jones & Bartlett
Nurhaniah, Nunung. (2013). Peranan Prestasi Belajar dan Pengetahuan Tentang Dunia Kerja Terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK Negeri Jurusan bangunan di Kabupaten Sleman. Skripsi. UNY
Olivia, Femi. (2011). Teknik Ujian Efektif. Jakarta: Elex Media Komputindo
Orlick, Terry. (2008). In Pursuit of Excellence, How to win in sport and life through mental training. United States : Human Kinetics
Permen RI. (1990). Peraturan Pemerintah Repubik Indonesia No. 29 Tahun 1990 tentang Pendidikan Menengah.
Pokja Prakerin. 2011. Materi Pembekalan Siswa Praktik Kerja Industri, SMK N 1 Seyegan. Seyegan: SMK N 1 Seyegan.
Slamet PH. (2013). Pengembangan SMK Model Untuk Masa Depan. Universitas Negeri Yogyakarta
Prayitno. (2009). Dasar Teori dan Praksis Pendidikan. Jakarta: Grasindo
Rahayu, Sugi. . (2013). Penelitian Expost Facto. Diakses dari staff.uny.ac.id pada tanggal 31 Maret 2014.
Rashtriya, Tarun. (2008). Vocational Education. New Delhi: A P H Publishing Corporation
Salamah. (2006). Kesiapan Mental Masuk Dunia Kerja Ditinjau Dari Pelaksanaan Pendidikan Sistem Ganda dan Penerimaan Bimbingan Karir Siswa SMK di DIY. Didaktika
Santrock, John W. (2007). Psikologi Pendidikan (alih bahasa: Tri Wibowo). Jakarta: Kencana
Sandjaja, dan Albertus Heriyanto. (2006). Panduan Penelitian. Jakarta: Pustaka Raya
Sari, Ratna. (2012). Peran Praktik Industri Dalam Menunjang Kesiapan Memasuki Dunia Kerja Siswa Kelas Xi Program Keahlian Busana Smk Karya Rini Yogyakarta. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta
Slameto. (1995). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta Sosseres. (2011). Arti Percaya Diri. Diakses dari sosseres.blogspot.com /2011/02/artipercaya-diri pada tanggal 9 Mei 2014 pada pukul 15.00 WIB.
Strange, Roderick. (2007). THE RISK OF DICIPLESHIP, Imamat Bukan Sekadar Seliba. Yogyakarta: Kanisius.
Stephens, Deborah C. (2000). The Maslow Business Reader – Abraham H. Maslow, edited by: Deborah C. Stephens. Canada: John Wiley & Sons.
Sudibyo, Bambang. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidian Dasar dan Menengah.
Sudijono, Anas. (2008). Satistik Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Cetakan Ke-11. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2012). Statistika dan Penelitian. Cetakan Ke-21. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2013). Statistik Untuk penelitian. Bandung: Afabeta
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Cetakan Ke-5. Bandung: Alfabeta
Sunaryo. (2002). Psikologi untuk keperawatan. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC
Surya, Hendra. (2007). Percaya Diri Itu Penting. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo
Suryani, Bhekti. (2012). Ribuan Pengangguran kebanyakan Lulusan SMK. Diakses darihttp://www.harianjogja.com/baca/2012/10/08/disnaker-diy-ribuan-penganggurkebanyakan-lulusan-smk-337012l 31 Maret 2013
Suyanto dan Djihad Hisyam. (2000). Refleksi Dan Reformasi Pendidikan Di Indonesia Memasuki Milenium III. Yogyakarta : Adicita Karya Nusa
Suryanto. (2013). Kesehatan Mental. Yang diakses pada tanggal 9 Mei 2014 dari http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/KESEHATAN%20MENTAL_0.pdf
Taylor, Ros. (2009). Worklife Mengembangkan Kepercayaan Diri (Alih Bahasa : Marina Sofyan). Erlangga
wakhinuddin. (2010). Kesiapan Memasuki Dunia Kerja Warga Belajar Kursus Para Profesi Mekanik Otomotif. Diakses dari wordpress.com 25 Maret 2014
Wahyudi, Edi. (2009). Faktor-faktor yang mempengaruhi kesiapan kerja siswa kelas III SMKN 4 Yogyakarta. Tesis. Universitas Negeri Yogyakarta
Williams, Chuck. (2013). Management. South- Western: Cengage Learning
Winardi, J. (2008). Motivasi dan Permotivasian Dalam Manajemen. Jakarta :Rajawali Pers
Winkel, W. S. (1991). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Grasindo
Semium, Yustinus. (2006). Kesehatan Mental 3. Yogyakarta: Kanisius Yogyakarta, November 2014
Refbacks
- There are currently no refbacks.