Hubungan Motivasi Belajar Dan Pelaksanaan Praktek Kerja Industri Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Yogyakarta

Sigit Putra Prihono, , Indonesia
Drs Darmono, MT., , Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) presepsi motivasi belajar, (2) presepsi pelaksanaan praktek kerja industri, (3) presepsi kesiapan kerja, (4) hubungan motivasi belajar dengan kesiapan kerja, (5) hubungan pelaksanaan praktek kerja industri dengan kesiapan kerja, (4) hubungan motivasi belajar dan pengalaman praktek kerja industri secara bersama-sama dengan kesiapan kerja, (7) besar sumbangan efektif dari motivasi belajar dan pelaksanaan praktek kerja industri terhadaop kesiapan kerja.

Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XII Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK N 2 Yogyakarta dengan sampel penelitian ini sebanyak 73 responden. Data dikumpulkan dengan angket, wawancara, dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan regresi ganda.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) persepsi motivasi belajar termasuk kategori kuat dengan mean 54,79%, (2) presepsi pelaksanaan praktek kerja industri termasuk kategori efektif dengan mean 82,19%, (3) presepsi kesiapan kerja siswa termasuk kategori siap dengan mean 71,23; (4) motivasi belajar terdapat hubungan yang positif dan signifikan dengan koefisien korelasi cukup rendah 0,423 pada taraf signifikansi 0,05;  (5) pelaksanaan prakerin terdapat hubungan yang positif dan signifikan dengan koefisien korelasi cukup rendah 0,42 pada taraf signifikansi 0,05; (6) motivasi belajar dan pelaksanaan praktek kerja industri secara bersama-sama terdapat hubungan yang positif dan signifikan dengan koefisien korelasi cukup rendah 0,487 pada taraf signifikansi 0,05; harga koefisien X1 = 0,483, X2 = 0,266, dan kostanta = 63,829, dengan persamaan regresi ganda Y = 63,829 + 0,483X1 + 0,266X2 (7) sumbangan efektif motivasi belajar sebesar 17,9 %, pelaksanaan praktek kerja industri sebesar 17,6%, dan sumbangan efektif motivasi belajar dan pelaksanaan praktek kerja industri secara bersama-sama terhadap Kesiapan Kerja siswa sebesar 23,70%.

Full Text:

PDF

References


Anonim. (2003). Penjelasan Undang – Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.Diakses dari http://www.google.co.id/UU-20-2003-PJS.html pada tanggal25 Februari 2016, jam 12.15 WIB.

Anwar Hidayat. (2013). Transformasi Data. Diakses dari http://www.statistikan.blogspot.com/2013/01/transformasi-data.html. pada tanggal 25 Februari 2016.

Chaplin, J.P. (2002). Kamus Lengkap Psikologi (Alih Bahasa: Kartini Kartono). Jakarta: PT Radja Grafindo Persada.

Depdikbud. (1997). Keterampilan Menjelang 2020 untuk Era Global. Jakarta: Depdikbud.

Dewa Ketut Sukardi. (1987). Bimbingan Karir di Sekolah-Sekolah. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Hamzah B. Uno. (2008). Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Kemetrian Pendidikan Nasional. (2011). Pedoman Penulisan Tugas Akhir. Yogyakarta : UNY Press.

Kemetrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). KURIKULUM 2013. Diakses dari http://www.m-edukasi.web.id/2013/07/buku-kurikulum-2013.html pada 26 Februari 2016, jam 17.10 WIB

M. Ngalim Purwanto. (2011). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Moh. As’ad. (1995). Psikologi Industri. Yogyakarta: Liberty.

Oemar Hamalik. (2007). Manajemen Pelatihan Ketenagakerjaan. Jakarta: Bumi Aksara.

. (2007). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Sudjana. (2002). Teknik Analisis Regresi dan Korelasi bagi Para Peneliti. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. (2009). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (1992). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sri Maryani. (2011). Hubungan Prestasi Hasil Belajar Mata Pelajaran Produktif Dan Minat Kerja Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Program Keahlian Teknik Elektronika Industri SMK N 2 Pengasih Tahun Ajaran 2010/2011. Laporan Penelitian: Universitas Negeri Yogyakarta.

Tim Tugas Akhir Skripsi FT UNY (eds). (2013). Pedoman Penyususan Tugas Akhir Skripsi.

Usman, Husaini & Akbar, Purnomo Setiady. (2011). Pengantar Statistika. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Wardiman Djojonegoro. (1998). Pengembangan Sumber Daya Manusia Melalui Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Jakarta: PT Jayakarta Agung Offset.

Wibowo. (2011). Manajemen Kinerja. Jakarta: Rajawali Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.