Peranan Capaian Pembelajaran Mikro dan Capaian Praktik Kependidikan Terhadap Minat Menjadi Guru di Program Studi Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan FT UNY

Nursuryaningsih Nursuryaningsih, Departemen Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta, 55281, Indonesia, Indonesia
V. Lilik Hariyanto, Departemen Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian dilakukan untuk mengetahui: 1) peranan capaian Pembelajaran Mikro terhadap minat menjadi guru di program studi Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan FT UNY; 2) peranan capaian Praktik Kependidikan terhadap minat menjadi guru di program studi Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan FT UNY; 3) peranan capaian Pembelajaran Mikro dan capaian Praktik Kependidikan terhadap minat menjadi guru di program studi Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan FT UNY. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan bersifat ex post facto karena perwujudan variabel sudah terjadi sehingga penelitian tidak mengendalikan variabel bebas dan terikat secara langsung. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2019 program studi Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan yang telah menempuh Pembelajaran Mikro dan Praktik Kependidikan (PK) berjumlah 90 dengan sampel sebanyak 72 mahasiswa. Teknik analisis yang digunakan adalah korelasi Kendall’s Tau karena data tidak berdistribusi secara normal. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh positif namun tidak signifikan pada peranan capaian Pembelajaran Mikro terhadap minat menjadi guru, ditunjukkan oleh hasil koefisien korelasi τ = 0,095 serta nilai p hitung= Sig. (2-tailed) = 0,319 > α = 0,05; 2) terdapat pengaruh positif namun tidak signifikan pada peranan capaian praktik kependidikan terhadap minat menjadi guru, ditunjukkan oleh hasil koefisien korelasi τ = 0,072 serta nilai p_hitung= Sig. (2-tailed) = 0,454 > α = 0,05. Dapat disimpulkan bahwa capaian Pembelajaran Mikro dan capaian Praktik Kependidikan tidak memiliki peran yang besar dalam membentuk minat menjadi guru mahasiswa pendidikan teknik sipil dan perencanaan Angkatan 2019 Universitas Negeri Yogyakarta.


References


Abror, A. R. (1993). Psikologi pendidikan. Yogyakarta: PT. Tiara Wacana.

Agung, I., & Santosa, A. (2017). Dinamika LPTK Menuju Perguruan Tinggi Kelas Dunia (World Class University/WCU). Jurnal Perspektif Ilmu Pendidikan, vol 31.

Andika, K. F., Basori., & Efendi, A. (2018). Pengaruh Keaktifan Mahasiswa dalam Organisasi dan Prestasi Belajar Terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Kejuruan, 4(2).

Ardyani, A. & Latifah, L. (2014). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Menjadi Guru Akuntansi Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2010 Universitas Negeri Semarang. Economic Education Anlysis Journal, 3(2).

Febriana, R. (2016). Identifikasi Komponen Model Pelatihan Pedagogi untuk Meningkatkan Profesionalitas Calon Guru Kejuruan. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 1(23).

Hamalik, O. (2011). Proses belajar mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Nugroho, W. S., Khosmas, F. Y., Okianna. (2016). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Menjadi Guru pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(10). Diambil pada tanggal 19 Agustus 2023, dari http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v5i10.17289.

Nurcahyo, A. N. (2019). Kecenderungan Minat Mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta Untuk Bekerja Sebagai Pendidik dan Non Pendidik. Skripsi. Yogyakarta: UNY.

Oviawe, J. I., & Omoh, D. (2021). Technical Teachers’ Self-Efficacy and Qualifications as Correlate on Students’ Academic Performance in Basic Technology. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 27(2), 91–101. Diambil pada tanggal 14 Mei 2023, dari https://doi.org/10.21831/jptk.v27i2.42416.

Pratama, G. N. I. P., & Suparman. (2019). Peningkatan keterampilan mengajar mahasiswa Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan, FT, UNY melalui metode drill berbasis komunikasi verbal-non verbal. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 1(1), 19–27. https://doi.org/10.21831/jpts.v1i1.28271

Pratama, G. N., Hidatat, N., & Wahyuni, I. (2020). Peningkatan Keterampilan Pembelajaran Micro Teaching Berbasis (Video Unjuk Kerja) Pada Mahasiswa Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan, FT, UNY. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, https://doi.org/10.21831/jpts.v2i1.31967.rf

Rahmadiyani, Hariani, L. S., Yudiono, U. (2017). Minat Menjadi Guru: Persepsi Profesi Guru, Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) dan Efikasi Diri. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi. Diambil pada tanggal 14 Mei 2023, dari http://ejournal.unikama.ac.idHal|10.

Rosada, M. A., Putro, S. C., & Putranto, H. (2018). Effects of Self Regulatory Learning, Personal Goal Setting and Perceptions of the Teaching Profession on Literacy of Vocational Teachers. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 24(2), 286–294. Diambil pada tanggal 14 Mei 2023, dari https://doi.org/10.21831/jptk.v24i2.19669.

Sadhu, S., Utami, D. P., Tiastari, A. A., (2018). Mengungkap Fenomena Sarjana Keguruan Bukan Pendidik. Diambil pada tanggal 16 Mei 2023, dari https://doi.org/10.13140/RG.2.2.14470.42563.

Sadikin, A. (2020). Pembelajaran mikro. Salim Media Indonesia.

Sairoh. (2013). Pengaruh Pengalaman PPL, IPK, Lingkungan Keluarga dan Informasi Dunia Kerja terhadap Minat Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2011. Skripsi. Yogyakarta: UNY.

Sardiman. (2006). Interaksi dan motivasi belajar-mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sholikah, M., Muhyadi, Indartono, S., Kenzhaliyev, O. B., & Kassymova, G. K. (2021). Self-Efficacy and Student Achievement for Enhancing Career Readiness: The Mediation of Career Maturity. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 27(1), 15–25. Diambil pada tanggal 14 Mei 2023, dari https://doi.org/10.21831/jptk.v27i1.35657.

Sukardi. (1993). Bimbingan karier di sekolah-sekolah. Jakarta: Balai Pustaka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.