PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN MICROTEACHING BERBASIS DARING PADA MATA PELAJARAN PRAKTIKUM LABORATORIUM BAHAN BANGUNAN 1 DI DPTSP FT UNY
V. Lilik Hariyanto, Departemen Teknik Sipil dan Perencanaan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Pelaksanan pembelajaran microteaching daring masih terdapat kekurangan dan kelemahan, salah satunya adalah belum tersedianya media pembelajaran yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan media video pembelajaran microteaching berbasis daring pada mata pelajaran Praktikum Bahan Bangunan 1 DPTSP FT UNY dan (2) Mengetahui kelayakan media video pembelajaran microteaching berbasis daring pada mata pelajaran Praktikum Bahan Bangunan 1 DPTSP FT UNY. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan yang digunakan adalah model 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Subjek penelitian adalah mahasiswa yang telah dan sedang menempuh mata kuliah microteaching di Departemen Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket serta analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini sebagai berikut: (1) proses pengembangan media video pembelajaran microteaching menggunakan model 4D, hasil produk video pembelajaran berbentuk file MP4 berisi langkah praktik mengajar microteaching daring dengan durasi 22 menit, serta dikemas dalam PowerPoint Slide Show. (2) Kelayakan media pembelajaran berdasarkan ahli materi adalah “Sangat Layak” memperoleh total skor 134 dengan persentase 93,05% serta berdasarkan ahli media adalah “Layak” memperoleh total skor 85 dengan persentase 77,27%. Hasil tanggapan pengguna “Sangat Layak” memperoleh rerata skor 89,84 dengan persentase 89,84%. Sehingga media video pembelajaran microteaching berbasis daring dapat dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aprilia, N., & Susilo, M. J. (2014). Pengembangan instrumen evaluasi pembelajaran microteaching berbasis perspekti keterampilan dasar mengajar. Jurnal Bioedukatika, 2(2). 9-13.
Baety, D. N. & Munandar, D. R. (2021). Analisis Efektifitas Pembelajaran Daring Dalam Menghadapi Wabah Pandemi Covid-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 880-889.
Bilfaqih, Y., & Qomarudin, M. N. (2015). Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring (1st ed.). Yogyakarta: Deepublish Publisher.
Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.
Munir, M. (2013). Analisis pengembangan media pembelajaran pengolah angka (spreadsheet) berbasis video screencast. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 21(4), 307-313
Sudirman. (2005). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Thiagarajan, S, dkk. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Washington DC: National Center for Improvement Educational System.
Refbacks
- There are currently no refbacks.