STUDI INTENSI BERWIRAUSAHA MENGGUNAKAN THEORY OF PLANNED BEHAVIOR SISWA KELAS XII A KOMPETENSI KEAHLIAN DPIB SMKN 1 PAJANGAN

Hamid Imam Shalihin, Departemen Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Ikhwanuddin Ikhwanuddin, Departemen Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui hasil pembelajaran PKKWU berupa intensi berwirausaha menggunakan Theory of Planned Behavior pada siswa kelas XII A DPIB SMKN 1 Pajangan. Menurut Krueger dan Carsrud (Indarti, N. & Rostiani, R. 2008), Intensi merupakan prediktor terbaik untuk mengetahui keinginan siswa dalam berwirausaha dalam. Theory of Planned Behavior merupakan teori terbaru yang dapat menjelaskan intensi. Metode penelitian dengan survey. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan populasi sebanyak 88 siswa dan responden yang dipergunakan sebanyak 35 siswa. Pengambilan sampling menggunakan prinsip Roscoe dalam buku Research Methods For Business (Sugiyono, 2003). Uji validitas instrumen melalui teknik korelasi product moment pearson dengan tingkat kesalahan 5%, sedangkan untuk uji reliabilitas menggunakan metode Alpha Cronbach dengan standar > 0,6. Teknik analisis menggunakan uji statistik parametrik. Hasil penelitian: (1) pengaruh attitude toward behavior  siswa terhadap intensi berwirausaha tergolong besar yaitu 30,1%, secara positif dan signifikan; (2) pengaruh subjective norm siswa terhadap intensi berwirausaha tergolong kecil yaitu 13,4%, secara positif dan signifikan; (3) pengaruh perceived behaioral control siswa terhadap intensi berwirausaha tergolong cukup besar yaitu 24,7%, secara positif dan signifikan; (4) pengaruh attitude toward behavior, subjective norm, perceived behaioral control siswa terhadap intensi berwirausaha yaitu 44,1%, secara positif dan signifikan.



References


Ajzen, I. (1991). The Theory of Planned Behavior. Journal of Organizational Behavior and Human Decision Processes, Vol. 50, 179 – 211.

Basri, dkk. (2019). Implementasi Pembelajaran Berbasis Produk Dalam Rangka Menyiapkan Lulusan Smk Menjadi Wirausahawan Muda. Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi. 19 (1): 50.

Cruz, dkk. (2015). Aplikasi Theory Of Planned Behavior Dalam Membangkitkan Intensi Berwirausaha Bagi Mahasiswa Fakultas Ekonomi Unpaz, Dili Timor Leste. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana. 4.12 (2015): 895-920.

Farida, S & Nurkhin, A. (2016). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Lingkungan Keluarga dan Self-Efficacy terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMK Program Keahlian Akuntansi. Economic Education Analysis Journal. 5 (1). 288.

Ghozali, I. (2006). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Indarti, N. & Rostiani, R. (2008). Intensi kewirausahaan mahasiswa: studi perbandingan antara indonesia, jepang dan norwegia. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia. 23 (4): 370.

Jerusalem, dkk. (2022). The effect of productive learning outcomes, social circumstances, economic conditions, and creativity toward entrepreneur interest among fashion department students in vocational high school. Jurnal Pendidikan Teknolohi dan Kejuruan, Vol. 28, 257.

Prawiranegara, dkk. (2018). Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan Terhadap Motivasi Berwirausaha. Jurnal Pendidikan Manajemen Bisnis. 18 (1): 3.

Singarimbun, M & Effendi, S. (1989). Metode Penelitian Survey. Jakarta: LP3ES, 1989, cet.1, h. 3.

Sugiono. 2003. Teknik Sampling. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Umar, H. (2004). Metode Penelitian Untuk Skripsi Dan Tesis Bisnis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Wibowo, M. (2011). Manajemen Kinerja. Jakarta: PT Raja Grafinfo Persada.

Yulianto, R. (2021). Kontribusi Lingkungan dan Pembelajaran Wirausaha dalam Menumbuhkan Minat Berwirausaha. Cakrawala Jurnal Pendidikan. 15 (1): 100.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.