Analisis Faktor Kesulitan Belajar Siswa di Masa Pandemi Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Kejuruan Elemen Gambar Teknik Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan SMK Negeri 2 Depok

Meliya Septiana, Departemen Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Retna Hidayah, Departemen Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Proses pembelajaran Gambar Teknik secara daring di SMK Negeri 2 Depok mengalami banyak kendala. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan siswa kelas X DPIB SMK N 2 Depok mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran Gambar Teknik di masa pandemi. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan pendekatan deskriptif menggunakan metode survei. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X DPIB A SMK N 2 Depok yang berjumlah 34 peserta didik. Instrumen yang digunakan yaitu angket untuk data primer dan wawancara untuk data sekunder. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, yang dinyatakan dalam angka persentase. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui, Faktor yang mempengaruhi siswa kelas X SMK N 2 Depok dalam mengerjakan tugas online pada mata pelajaran dasar-dasar kejuruan elemen Gambar Teknik di masa pandemi yaitu faktor internal dalam hal ini adalah motivasi internal, dan faktor eksternal antara lain; motivasi eksternal, metode mengajar, kondisi ekonomi, dan kondisi keluarga. Dari faktor-faktor tersebut, faktor yang mendominasi terjadi pada siswa kelas X SMK N 2 Depok dalam mengerjakan tugas online pada mata pelajaran dasar-dasar kejuruan elemen Gambar Teknik di masa pandemi adalah faktor internal yaitu motivasi internal dengan tingkat kesulitan berada pada kategori “sangat tinggi” dengan presentase 76.47% yang dialami oleh 26 siswa dari 34 siswa dan faktor eksternal yaitu metode mengajar dengan tingkat kesulitan berada pada kategori “tinggi” dengan presentase 50% yang dialami oleh 17 siswa dari 34 siswa.


References


Dimyati & Mudjiono. (2006). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta

Gomes, F. C. (2002). Manajemen sumber daya manusia. Yogyakarta: ANDI Yogyakarta.

Pemerintah Republik Indonesia (2003). Undang-Undang No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Pemerintah Republik Indonesia (2020). Keppres No 12 Tahun 2020 tentang Penetapan Bencana Non Alam Penyebaran Coronavirus Disease 2019 Sebagai Bencana

Slameto. (2003). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sobur, A., (2011). Psikologi umum. Bandung : Pustaka Setia.

Sugihartono, dkk. (2007). Psikologi pendidikan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian kombinasi (mix methods). Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan r&d. Bandung : Alfabeta.

Sukardi. (2003). Metodologi penelitian pendidikan kompetensi dan prakteknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Supomo, B., & Indriantoro, N., (2002). Metodologi penelitian bisnis, cetakan kedua. Yogyakarta: Penerbit BPFE UGM.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.