Pengembangan Video Pembelajaran Perencanaan dan Penulangan Footplat pada Mata Kuliah CAD KBM 2 Prodi Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan FT UNY

Fajar Noor Rohman, Departemen Teknik Sipil dan Perencanaan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta,, Indonesia
Sativa Sativa, Departemen Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran pada materi perencanaan dan penulangan footplat di Prodi Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta yang layak digunakan pada mata kuliah Computer-Aided Design Konstruksi Bangunan dan Menggambar 2 (CAD KBM 2). Penelitian ini termasuk jenis penelitian Research and Development (R&D) menggunakan model Four D (4D) yang meliputi define (pendefinisian), design (perencanaan), develop (pengambangan), dan disseminate (penyebaran). Subjek pada penelitian ini yaitu dari ahli materi dan ahli media berasal dari dosen. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan angket serta analisis data yang digunakan yaitu hasil rerata penilaian dari ahli materi dan ahli media disesuaikan pada skala Likert untuk mengukur kelayakan produk. Hasil penelitian ini berupa video pembelajaran yang dikembangkan melalui beberapa tahapan yaitu: (1) Tahap define yaitu menganalisis permasalahan seperti sasaran pengguna, konsep, tugas, dan tujuan pembelajaran. (2) Tahap design yaitu menyusun bahan kriteria tes, pemilihan media dan format, dan rencana awal atau prototip produk. (3) Tahap develop yaitu penilaian oleh ahli materi dan ahli media. (4) Tahap disseminate yaitu mengemas video pembelajaran melalui Google Drive dan Youtube serta menyebarkan melalui link Google Drive dan Youtube. Hasil penilaian kelayakan video  pembelajaran yang telah dikembangkan menurut ahli materi dengan rata-rata skor 4,67 dengan kategori sangat layak, dan menurut ahli media dengan rata-rata skor 4,09 dengan kategori layak.


References


Bonk, C. J. dan Graham, C. R. (2006). The Handbook of Blended Learning. USA: Pfeiffer.

Grant, M. M. (2002). Getting A Grip of Project Based Learning: Theory, Cases and Recommendation. A Middle School Computer Technologies Jurnal, 5(1), 1-14

Ihsan, F. (2005). Dasar-Dasar Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Kemdikbud. (2020). Buku panduan merdeka belajar-kampus merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kurniawan, A. dan Masjudin. (2017). Pengembangan Buku Ajar Micro Teaching Berbasis Praktik untuk Meningkatkan Keterampilan Mengajar Calon Guru. Prosiding Seminar Nasional Pendidik dan Pengembang Pendidikan Indonesia. IKIP Mataram, 2, 9-16.

Rustaman, N. (2001). Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Bandung: Bakti Utama.

Sukoco, Sutiman, dan Wakid, M. (2014). Pengembangan media Pembelajaran Interaktif berbasis Komputer untuk Peserta Didik Mata Pelajaran Teknik Kendaraan Ringan. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 22, 215-226.

Suryani, N. S., Setiawan, A. dan Putra, A. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembanganya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Thiagarajan, S., Semmel, D. S. dan Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Indiana: Indiana University


Refbacks

  • There are currently no refbacks.