Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Interaktif Berbasis Adobe Animate pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik Kelas X Program Keahlian Teknik Konstruksi dan Properti di SMK N 2 Depok Sleman
Suwartanti Suwartanti, Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta, 55283, Indonesia
Abstract
Mekanika teknik adalah ilmu pengetahuan yang membahas tentang ilmu struktur dan pengaruh beban yang bekerja pada struktur tersebut. Dalam mekanika teknik, materi yang dipelajari mengenai konstruksi sebuah bangunan, meliputi aspek konstruksi ataupun aspek perhitungan dari konstruksi yang diterapkan pada bangunan. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran animasi interaktif mata pelajaran mekanika teknik berbasis adobe animate di Program Keahlian Teknik Konstruksi dan Properti. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research & Development dengan model pengembangan 4D S. Thiagarajan, dengan 4 tahap pengembangan yaitu: (1) Define merupakan tahap analisis awal, analisis siswa, analisis konsep, analisis tugas dan penentuan tujuan pembelajaran; (2) Design adalah tahap penyusunan tes, pemilihan media, pemilihan format media dan desain awal media; (3) Development adalah tahap penilaian ahli dan tahap uji coba rancangan produk ke pengguna; (4) Disseminate merupakan tahap penerapan media kepada pengguna, pengemasan dan penyebaran media kepda pengguna. Penilaian pengguna dilakukan pada siswa kelas X1 DPIB DAN KGSP SMKN 2 Depok sebanyak 42 responden. Hasil penelitian menunjukkan pada tahap Define dilaksanakan analisis meliputi analisis awal, analisis siswa, analisis konsep, analisis tugas dan tujuan pembelajaran. Pada tahap Design dilaksanakan pemilihan media, pemilihan format media dan desain awal media. Pada tahap Develop dilaksanakan penilaian media oleh ahli dan pengguna, yaitu: (1) Ahli materi memberikan skor 60 dari skor maksimal 80 dan masuk dalam kategori “Layak” (2) Ahli media memberikan skor 105 dari skor maksimal 128 dan masuk dalam kategori “Sangat Layak” (3) Pengguna yaitu peserta didik memberikan skor 4027 dari skor maksimal 4704 dan masuk dalam kategori “Sangat Layak”. Pada tahap Disseminate dilakukan pengemasan dan penyebaran media kepada pengguna melalui Google Drive.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Asyhar, R. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta
Pytel, A & Kiusalaas, J. (2010). Mechanics of MaterialasSecond Edition. USA: Cengage Learning
Sadiman, A.S., Rahardjo, R., Haryono, A., dkk. (2011). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatnnya. Jakarta: Rajawali Pers
Sucahyo, B. (2006). Mekanika Teknik Jilid 2. Jakarta: Tiga Serangkai.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Thiagarajan, S., Semmel, D.S., & Semmel, M.I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Washington DC: National Center for Improvement Educational System
Refbacks
- There are currently no refbacks.