Pengembangan Video Pembelajaran Micro Teaching Daring pada Mata Kuliah K3LH di Departemen Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta
V. Lilik Hariyanto, Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Pelakasanaan pembelajaran Micro teaching memerlukan media yang sesuai saat terjadi pandemi, maka dipilih lah media video sebagai alternatifnya. Tujuan penelitian ini untuk (1) Mengembangkan video pembelajaran MicroTeaching daring pada mata kuliah K3LH di Departemen Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. (2) Mengetahui tingkat kelayakan dari video pembelajaran Micro Teaching daring pada mata kuliah K3LH di Departemen Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. Metode penelitian menggunakan Research & Development (R&D) model 4-D oleh Thiagaradjan. Subjek penelitian ada 3, (1) Ahli Materi, (2) Ahli Media, (3) Pengguna/mahasiswa. Objek penelitian: mata kuliah praktik Micro Teaching secara daring. Teknik pengumpulan data yang dipakai observasi dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan teknik analisis kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian pengembangan ini sebagai berikut: (1) proses pengembangan media video pembelajaran praktik Micro Teaching menggunakan model pengembangan 4D models dan hasil produk video pembelajaran berbentuk file video Mp4 yang menjelaskan langkah mengajar Micro teaching daring dengan spek video berdurasi 15 menit dan dikemas dalam bentuk power point slide show dengan rasio layar 16:9 atau vertikal. (2) Hasil kelayakan media video pembelajaran Micro Teaching mendapatkan penilaian dari ahli materi sebesar 90,5% dengan kategori “sangat layak”, hasil ahli media mendapatkan nilai 78,3% dengan kategori “layak” dan nilai oleh pengguna media yaitu mahasiswa sebanyak 40 responden sebesar 91,2% dengan kategori “sangat layak”.
Full Text:
PDFReferences
A Lee, W. W. & Owens, D. L. (2004). Multimedia-based instructional design. California: Pfeiffer.
Arsyad, A. (2011) Media pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Anggarta, Y.R (2016) Pengembangan jobsheet sebagai sumber belajar praktik teknik pengukuran kelas X Teknik permesinan di SMK Muhammadiyah 1 Salam. UNY: Tugas Akhir Skripsi
Borg, W.R. & Gall, M.D. (1983). Educational Research: An Introduction, Fifth Edition. New York: Longman.
Pratama, G.N.I.P., Hidayat, N., & Wahyuni, I. (2020). Peningkatan Keterampilan Pembelajaran Micro Teaching Berbasis Viduk (Video Unjuk Kerja) pada Mahasiswa Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan FT UNY. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, Volume 2 Nomor 1, DOI 10.21831/jpts.v2i1.31967
Sugiyono (2014). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Thiagaradjan, Sivasailam, dkk. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Washinton DC: National Center for Improvement Educational System.
Wibowo, P. (2022) Pengembangan media pembelajaran PJOK berbasis android untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMA. UNY: Tugas Akhir Skripsi.
Refbacks
- There are currently no refbacks.