Evaluasi Program Kegiatan Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Batch 2 Bidang Drafter Mahasiswa Progam Studi Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta

Bima Bagus Wicaksana, Departemen Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta, 55281, Indonesia, Indonesia
Nuryadin Eko Raharjo, Departemen Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta, 55281, Indonesia, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesesuaian program kegiatan MSIB yang diikuti oleh mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan FT UNY bidang drafter di PT. BEE. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi program menggunakan model evaluasi Context, Input, Process, Product (CIPP) yang dikembangkan oleh Daniel Stufflebeam. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan studi dokumentasi, wawancara, dan observasi partisipatif. Hasil evaluasi setiap aspek: (1) aspek konteks  pada program kegiatan  magang ini sesuai; (2) aspek masukan yang terdiri dari komponen kurikulum dapat dikategorikan sesuai, SDM dari program kegiatan ini dapat dikategorikan tidak sesuai untuk mentor, apabila untuk peserta dapat dikategorikan sangat sesuai dari kriteria yang ada, serta sarana dan prasarana yang dapat dikategorikan sesuai kebutuhan progam kegiatan ini; (3) aspek proses terdiri dari komponen penggunaan media dan metode pembelajaran dikategorikan cukup, pelaksanaan program kegiatan dapat dikategorikan tidak sesuai, dan evaluasi pada program kegiatan ini dikategorikan sesuai; (4) aspek produk dari program kegiatan magang ini dapat dikategorikan sesuai.

Kata kunci: Magang Bersertifikat; Evaluasi Program; Evaluasi CIPP.


References


Fianti, D. A. (2021). Efektivitas Penggunaan Modul Sistem Utilias Bangunan Gedung (SUBG) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IX SMK Negeri 2 Depok. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 3(2), 192-201. doi:https://doi.org/10.21831/jpts.v3i2.45361

Mariati, M. (2021). Tantangan Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Perguruan . Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial Dan Humaniora, 749-761.

Prihadi, W. R. (2019). Model Teacherpreneur pada Pembelajaran Vokasi Menghadapi Era Disrupsi dan Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 1(1), 50-58. doi:https://doi.org/10.21831/jpts.v1i1.28274

Sari, R., & Syofyan, R. (2021). Pengaruh Pengalaman Praktik Kerja Lapangan dan Prestasi Akademik yang Dimoderasi oleh Keaktifan Mahasiswa dalam Berorganisasi Terhadap Kesiapan Mahasiswa dalam Memasuki Dunia Kerja. EcoGen, 198-211.

Sukardi. (2015). Evaluasi Program Pendidikan dan Kepelatihan. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.