Pengembangan Modul Spesifikasi dan Karakteristik Beton pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan di SMK Negeri 2 Klaten

Novi Rulianti, , Indonesia
Dr. Slamet Widodo, M.T., , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengembangkan modul spesifikasi dan karakteristik beton pada mata pelajaran dasar-dasar konstruksi bangunan di SMK Negeri 2 Klaten berdasarkan kurikulum 2013 revisi 2017. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) menggunakan model pengembangan 4D (four-D). Modul hasil pengembangan di validasi oleh dosen ahli materi, ahli media, dan guru. Hasil penelitian ini adalah (1) Modul spesifikasi dan karakteristik beton dikembangkan menggunakan format yang ditetapkan oleh Departemen Pendidikan Nasional dan mencakup dua kompetensi dasar yaitu menjelaskan dan mempresentasikan spesifikasi dan karakteristik beton; (2) Ahli materi menyatakan kelayakan modul diperoleh rata-rata skor 3,69 termasuk kriteria “Sangat layak”, (3) Ahli media menyatakan kelayakan modul diperoleh rata-rata skor 3,50 termasuk kriteria “Sangat layak” (4) Pengguna menyatakan kelayakan modul diperoleh rata-rata skor 3,47 termasuk kriteria “Sangat layak”.

References


Arifin, Z. (2012). Penelitian Pendidikan, Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-Undang RI Nomor 20, Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sukmadinata, N.S. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.