PENGARUH PEMBERIAN SUPLEMEN TEORI SENI LUKIS TERHADAP PRESTASI BELAJAR BATIK LUKIS SISWA KELAS VIII SMPN 5 SLEMAN
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui prestasi belajar batik lukis siswa sebelum dan setelah
pemberian suplemen teori seni lukis, dan 2) mengetahui pengaruh pemberian suplemen teori seni lukis terhadap
prestasi belajar batik lukis siswa kelas VIII SMPN 5 Sleman. Metode penelitian ini menggunakan quasi eksperimen
dengan desain penelitian intact-Group Comparison. Kelas eksperimen yang diberi perlakuan berjumlah 30 siswa
dan kelas kontrol berjumlah 30 siswa. Metode teknik pengumpulan data dilakukan pretest-posttest dengan lembar
tes pilihan ganda dan penilaian unjuk kerja. Uji validitas instrument dilakukan dengan validitas isi yaitu dengan
meminta pertimbangan dari para ahli (judgment expert) diperiksa dan dievaluasi. Hasil lembar tes soal dan lembar
penilaian unjuk kerja siswa menggunakan histogram interval frekuensi dengan rumus tally dan uji reliabilitas
instrument untuk tes soal serta lembar penilaian unjuk kerja menggunakan Uji normalitas dan homogenitas data
serta uji- t (t-test) dibantu dengan menggunakan SPSS 21 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
prestasi belajar batik lukis siswa kelas VIII sebelum pemberian suplemen teori lukis dari 30 jumlah siswa mencapai
66,67% hasil tes pilihan ganda dan 66,67% hasil penilaian unjuk kerja siswa dan hasil belajar membatik dari 30
jumlah siswa, setelah pemberian suplemen teori lukis meningkat sebesar 22,3% pada hasil tes pilihan ganda dan
13,4% pada hasil unjuk kerja, sehinggga 100% dinyatakan berhasil karena hasil belajar siswa berada diatas nilai
rata-rata, dari hal tersebut maka ada pengaruh pemberian suplemen teori seni lukis terhadap prestasi belajar batik
lukis siswa kelas VIII SMPN 5 Sleman dengan sampel berjumlah 60 siswa, dengan adanya peningkatan hasil
belajar tes pilihan ganda dan tes penilaian unjuk kerja pencapaian prestasi belajar pada pelajaran membatik secara
keseluruhan sudah mencapai nilai ketuntasan yang telah ditetapkan sebelumnya.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui prestasi belajar batik lukis siswa sebelum dan setelah
pemberian suplemen teori seni lukis, dan 2) mengetahui pengaruh pemberian suplemen teori seni lukis terhadap
prestasi belajar batik lukis siswa kelas VIII SMPN 5 Sleman. Metode penelitian ini menggunakan quasi eksperimen
dengan desain penelitian intact-Group Comparison. Kelas eksperimen yang diberi perlakuan berjumlah 30 siswa
dan kelas kontrol berjumlah 30 siswa. Metode teknik pengumpulan data dilakukan pretest-posttest dengan lembar
tes pilihan ganda dan penilaian unjuk kerja. Uji validitas instrument dilakukan dengan validitas isi yaitu dengan
meminta pertimbangan dari para ahli (judgment expert) diperiksa dan dievaluasi. Hasil lembar tes soal dan lembar
penilaian unjuk kerja siswa menggunakan histogram interval frekuensi dengan rumus tally dan uji reliabilitas
instrument untuk tes soal serta lembar penilaian unjuk kerja menggunakan Uji normalitas dan homogenitas data
serta uji- t (t-test) dibantu dengan menggunakan SPSS 21 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
prestasi belajar batik lukis siswa kelas VIII sebelum pemberian suplemen teori lukis dari 30 jumlah siswa mencapai
66,67% hasil tes pilihan ganda dan 66,67% hasil penilaian unjuk kerja siswa dan hasil belajar membatik dari 30
jumlah siswa, setelah pemberian suplemen teori lukis meningkat sebesar 22,3% pada hasil tes pilihan ganda dan
13,4% pada hasil unjuk kerja, sehinggga 100% dinyatakan berhasil karena hasil belajar siswa berada diatas nilai
rata-rata, dari hal tersebut maka ada pengaruh pemberian suplemen teori seni lukis terhadap prestasi belajar batik
lukis siswa kelas VIII SMPN 5 Sleman dengan sampel berjumlah 60 siswa, dengan adanya peningkatan hasil
belajar tes pilihan ganda dan tes penilaian unjuk kerja pencapaian prestasi belajar pada pelajaran membatik secara
keseluruhan sudah mencapai nilai ketuntasan yang telah ditetapkan sebelumnya.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Refbacks
- There are currently no refbacks.