MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MENGGAMBAR ILUSTRASI PADA KELAS XI IPA SMA N 1 KARANGDOWO KLATEN
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk, (1) mengetahui dan mendeskripsikan proses penerapan model pembelajaran
Teams Games Tournament (TGT) dan hasil prestasi belajar peserta didik setelah penerapan model pembelajaran TGT
pada pembelajaran menggambar ilustrasi kelas XI IPA SMA N 1 Karangdowo Klaten, (2) mengetahui dan
mendeskripsikan kinerja guru, aktivitas peserta didik dan sikap peserta didik pada pembelajaran menggambar ilustrasi.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus di kelas XI IPA 2
dengan jumlah 34 peserta didik. Penelitian difokuskan pada kegiatan apresiasi. Data nilai untuk mengetahui pengaruh
penerapan model pembelajaran TGT dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian
menunjukan bahwa: (1) Proses penerapan model pembelajaran TGT yaitu pertama, penyajian kelas dilakukan oleh guru
dengan variasi media pembelajaran. Kedua, pembagian kelompok yang terbagi menjadi 8 kelompok. Ketiga, permainan
akademik dengan dua babak. Keempat, penghargaan kelompok dengan tiga juara. Prestasi belajar peserta didik pada
pembelajaran menggambar ilustrasi mengalami peningkatan setelah penelitian tindakan kelas dengan penerapan model
pembelajaran TGT yaitu dari rata-rata 54.12 menjadi 93.53 dengan persentase kenaikan sebesar 72.8%. (2) Model
pembelajaran TGT dapat meningkatkan kinerja guru, aktivitas peserta didik dan sikap peserta didik pada pembelajaran
menggambar ilustrasi, peserta didik menjadi sangat antusias dan aktif dalam kegiatan pembelajaran menggambar
ilustrasi.
Penelitian ini bertujuan untuk, (1) mengetahui dan mendeskripsikan proses penerapan model pembelajaran
Teams Games Tournament (TGT) dan hasil prestasi belajar peserta didik setelah penerapan model pembelajaran TGT
pada pembelajaran menggambar ilustrasi kelas XI IPA SMA N 1 Karangdowo Klaten, (2) mengetahui dan
mendeskripsikan kinerja guru, aktivitas peserta didik dan sikap peserta didik pada pembelajaran menggambar ilustrasi.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus di kelas XI IPA 2
dengan jumlah 34 peserta didik. Penelitian difokuskan pada kegiatan apresiasi. Data nilai untuk mengetahui pengaruh
penerapan model pembelajaran TGT dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian
menunjukan bahwa: (1) Proses penerapan model pembelajaran TGT yaitu pertama, penyajian kelas dilakukan oleh guru
dengan variasi media pembelajaran. Kedua, pembagian kelompok yang terbagi menjadi 8 kelompok. Ketiga, permainan
akademik dengan dua babak. Keempat, penghargaan kelompok dengan tiga juara. Prestasi belajar peserta didik pada
pembelajaran menggambar ilustrasi mengalami peningkatan setelah penelitian tindakan kelas dengan penerapan model
pembelajaran TGT yaitu dari rata-rata 54.12 menjadi 93.53 dengan persentase kenaikan sebesar 72.8%. (2) Model
pembelajaran TGT dapat meningkatkan kinerja guru, aktivitas peserta didik dan sikap peserta didik pada pembelajaran
menggambar ilustrasi, peserta didik menjadi sangat antusias dan aktif dalam kegiatan pembelajaran menggambar
ilustrasi.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Refbacks
- There are currently no refbacks.