PEMBINAAN KREATIVITAS MELALUI METODE BERCERITA DALAM PEMBELAJARAN MELUKIS KELOMPOK B1 TK PEMBINA KECAMATAN BANTUL
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi hasil pembinaan
kreativitas melalui metode bercerita dalam pembelajaran melukis di Kelompok B1 TK Pembina Kecamatan Bantul.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data berupa kata-kata dan hasil tindakan yang diperoleh melalui observasi,
wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian yaitu kepala sekolah, guru dan anak. Objek penelitian yaitu hasil
lukisan anak Kelompok B1. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Untuk mengecek keabsahan data menggunakan teknik triangulasi penyidik (expert judgement) oleh
tiga penilai. Analisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data yang telah di
peroleh di nilai berdasarkan rubrik dan indikator penilaian yang telah di susun oleh peneliti. Hasil penelitian ini
menunjukkan sebagai berikut; (1) 95,1% lukisan telah sesuai dengan isi cerita; (2) 95,1% objek lukisan telah sesuai
dengan objek yang terkandung dalam cerita; (3) 87,7% lukisan komposisi objek telah disusun baik dan bebas; (4)
dan 85,2% anak telah menguasai teknik dalam melukis. Penilaian hasil pembinaan kreativitas berwujud 27 lukisan
dengan penilaian yaitu 23 lukisan mendapat bintang empat (****) dengan keterangan BSB (Berkembang Sangat
Baik) dan 4 lukisan mendapat bintang tiga (***) dengan keterangan BSH (Berkembang Sesuai Harapan). Tidak ada
satu pun lukisan yang mendapat bintang dua (**) dengan keterangan MB (Masih Berkembang) maupun bintang satu
(*) dengan keterangan BB (Belum Berkembang).
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi hasil pembinaan
kreativitas melalui metode bercerita dalam pembelajaran melukis di Kelompok B1 TK Pembina Kecamatan Bantul.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data berupa kata-kata dan hasil tindakan yang diperoleh melalui observasi,
wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian yaitu kepala sekolah, guru dan anak. Objek penelitian yaitu hasil
lukisan anak Kelompok B1. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Untuk mengecek keabsahan data menggunakan teknik triangulasi penyidik (expert judgement) oleh
tiga penilai. Analisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data yang telah di
peroleh di nilai berdasarkan rubrik dan indikator penilaian yang telah di susun oleh peneliti. Hasil penelitian ini
menunjukkan sebagai berikut; (1) 95,1% lukisan telah sesuai dengan isi cerita; (2) 95,1% objek lukisan telah sesuai
dengan objek yang terkandung dalam cerita; (3) 87,7% lukisan komposisi objek telah disusun baik dan bebas; (4)
dan 85,2% anak telah menguasai teknik dalam melukis. Penilaian hasil pembinaan kreativitas berwujud 27 lukisan
dengan penilaian yaitu 23 lukisan mendapat bintang empat (****) dengan keterangan BSB (Berkembang Sangat
Baik) dan 4 lukisan mendapat bintang tiga (***) dengan keterangan BSH (Berkembang Sesuai Harapan). Tidak ada
satu pun lukisan yang mendapat bintang dua (**) dengan keterangan MB (Masih Berkembang) maupun bintang satu
(*) dengan keterangan BB (Belum Berkembang).
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Refbacks
- There are currently no refbacks.