KARTU PERMAINAN “AXAVA” SEBAGAI MEDIA PENGENALAN AKSARA JAWA UNTUK ANAK USIA DINI
Abstract
Abstrak
Penulisan laporan Tugas Akhir Karya Seni bertujuan untuk mendeskripsikan konsep, visualisasi, teknik dan materi
media pengenalan aksara Jawa dengan judul Kartu Permainan “Axava” sebagai Media Pengenalan Aksara Jawa pada Anak.
Penciptaan media pengenalan aksara Jawa menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan visualisasi. Observasi yaitu
pengamatan secara langsung model media kartu dari berbagai macam produk dan pengumpulan materi aksara Jawa dan
legenda Aji Saka dari berbagai buku. Dokumentasi adalah kegiatan pengumpulan data visual sebagai acuan dalam pembuatan
karya. Visualisasi merupakan tahap pengolahan data hingga berwujud seperangkat kartu permainan Axava melalui tahapan
rough layout, comprehensive layout dan final design. Konsep penciptaan media pengenalan aksara Jawa adalah kartu
permainan. Sajian materi di dalamnya meliputi aksara Jawa dan legenda Aji Saka. Visualisasi dan teknik berdasarkan teori
perkembangan kognitif anak dimana anak mulai menjelaskan dunia dengan kata-kata dan gambar. Visualisasi berupa bentuk
cerita bergambar diambil dari buku Sejarah Aksara Jawa. Teknik pada desain kartu permainan Axava menggunakan susunan
warna yang menarik sesuai dengan warna yang disukai anak. Kartu permainan Axava memberi kesan yang menarik dan
menyenangkan dalam penyajian materi aksara Jawa dan legenda Aji Saka. Materi tersebut diambil dari berbagai buku,
dirangkum ke dalam media kartu lalu digunakan dengan metode permainan.
Penulisan laporan Tugas Akhir Karya Seni bertujuan untuk mendeskripsikan konsep, visualisasi, teknik dan materi
media pengenalan aksara Jawa dengan judul Kartu Permainan “Axava” sebagai Media Pengenalan Aksara Jawa pada Anak.
Penciptaan media pengenalan aksara Jawa menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan visualisasi. Observasi yaitu
pengamatan secara langsung model media kartu dari berbagai macam produk dan pengumpulan materi aksara Jawa dan
legenda Aji Saka dari berbagai buku. Dokumentasi adalah kegiatan pengumpulan data visual sebagai acuan dalam pembuatan
karya. Visualisasi merupakan tahap pengolahan data hingga berwujud seperangkat kartu permainan Axava melalui tahapan
rough layout, comprehensive layout dan final design. Konsep penciptaan media pengenalan aksara Jawa adalah kartu
permainan. Sajian materi di dalamnya meliputi aksara Jawa dan legenda Aji Saka. Visualisasi dan teknik berdasarkan teori
perkembangan kognitif anak dimana anak mulai menjelaskan dunia dengan kata-kata dan gambar. Visualisasi berupa bentuk
cerita bergambar diambil dari buku Sejarah Aksara Jawa. Teknik pada desain kartu permainan Axava menggunakan susunan
warna yang menarik sesuai dengan warna yang disukai anak. Kartu permainan Axava memberi kesan yang menarik dan
menyenangkan dalam penyajian materi aksara Jawa dan legenda Aji Saka. Materi tersebut diambil dari berbagai buku,
dirangkum ke dalam media kartu lalu digunakan dengan metode permainan.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Refbacks
- There are currently no refbacks.