KARTU PERMAINAN “AXAVA” SEBAGAI MEDIA PENGENALAN AKSARA JAWA UNTUK ANAK USIA DINI

Noor Aziz Prabanistian,

Abstract


Abstrak
Penulisan laporan Tugas Akhir Karya Seni bertujuan untuk mendeskripsikan konsep, visualisasi, teknik dan materi
media pengenalan aksara Jawa dengan judul Kartu Permainan “Axava” sebagai Media Pengenalan Aksara Jawa pada Anak.
Penciptaan media pengenalan aksara Jawa menggunakan metode  observasi, dokumentasi, dan visualisasi.  Observasi yaitu
pengamatan secara langsung model media kartu dari berbagai macam produk dan pengumpulan materi aksara Jawa dan
legenda Aji Saka dari berbagai buku. Dokumentasi adalah kegiatan pengumpulan data visual sebagai acuan dalam pembuatan
karya. Visualisasi merupakan tahap pengolahan data hingga berwujud seperangkat kartu permainan  Axava melalui tahapan
rough layout, comprehensive layout  dan  final design.  Konsep penciptaan media pengenalan aksara Jawa adalah kartu
permainan. Sajian materi di dalamnya meliputi aksara Jawa dan legenda Aji Saka. Visualisasi dan teknik  berdasarkan  teori
perkembangan kognitif anak dimana anak mulai menjelaskan dunia dengan kata-kata dan gambar. Visualisasi berupa bentuk
cerita bergambar diambil dari buku Sejarah Aksara Jawa. Teknik pada desain kartu permainan Axava menggunakan susunan
warna yang menarik sesuai dengan warna yang disukai anak. Kartu permainan  Axava  memberi kesan  yang menarik dan
menyenangkan dalam penyajian materi aksara Jawa dan legenda Aji Saka. Materi tersebut diambil dari berbagai buku,
dirangkum ke dalam media kartu lalu digunakan dengan metode permainan.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.