PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PEMBELAJARAN SENI GRAFIS SISWA KELAS VIII SMPN 1 NGEMPLAK
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk multimedia interaktif pembelajaran seni grafis siswa
kelas VIII SMPN 1 Ngemplak yang layak untuk memenuhi kebutuhan belajar mandiri siswa kelas VIII SMP dalam
pembelajaran seni grafis. Prosedur penelitian: Pertama, analisis potensi masalah melalui observasi lapangan dan
pengumpulan bahan materi untuk menentukan materi pembelajaran seni grafis di kelas VIII melalui SK & KD
kurikulum KTSP, RPP, dan buku ajar. Kedua, perancangan produk melalui pembuatan flowchart, storyboard dan
alur cerita, struktur navigasi, visualisasi desain, dan penyusunan. Ketiga validasi produk, oleh ahli materi, ahli
media dan reviewer (guru seni rupa). Keempat uji coba terhadap lima siswa Kelas VIII. Analis data penelitian ini
menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Data diabsahkan dengan triangulasi oleh ahli media, ahli materi,
reviewer dan siswa. Hasil penelitian berupa produk multimedia interaktif pembelajaran seni grafis untuk siswa
kelas VIII SMPN 1 Ngemplak dalam bentuk DVD, yang dirancang menggunakan Adobe Flash CS6, desain produk
menggunakan Corel Draw X7, dan video tutorial menggunakan Corel Video Studio Pro X5. Multimedia interaktif
berisi materi pengantar seni grafis, materi inti seni grafis berklise sederhana, video tutorial yang menayangkan cara
pembuatan klise sampai hasil finishing karya dan evaluasi berupa soal. Berdasarkan contoh finishing karya yang
terdapat pada video tutorial maka peserta didik akan lebih mudah memahami materi seni grafis berklise sederhana.
Desain tampilan materi dalam bentuk gambar-gambar yang berwarna. Produk multimedia interaktif telah divalidasi
oleh ahli materi, ahli media, guru seni rupa dan telah diuji cobakan kepada siswa. Melalui lembar validasi,
wawancara dan angket penilaian produk yang menunjukan hasil penilaian sangat baik mendominasi sehingga
multimedia interaktif seni grafis sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran mandiri. Menurut peserta
didik dengan multimedia pembelajaran interaktif tersebut mereka lebih memahami materi seni grafis yang telah
dilengkapi video tutorial, disamping mudah digunakan multimedia interaktif tersebut cocok digunakan sebagai
pembelajaran mandiri siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk multimedia interaktif pembelajaran seni grafis siswa
kelas VIII SMPN 1 Ngemplak yang layak untuk memenuhi kebutuhan belajar mandiri siswa kelas VIII SMP dalam
pembelajaran seni grafis. Prosedur penelitian: Pertama, analisis potensi masalah melalui observasi lapangan dan
pengumpulan bahan materi untuk menentukan materi pembelajaran seni grafis di kelas VIII melalui SK & KD
kurikulum KTSP, RPP, dan buku ajar. Kedua, perancangan produk melalui pembuatan flowchart, storyboard dan
alur cerita, struktur navigasi, visualisasi desain, dan penyusunan. Ketiga validasi produk, oleh ahli materi, ahli
media dan reviewer (guru seni rupa). Keempat uji coba terhadap lima siswa Kelas VIII. Analis data penelitian ini
menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Data diabsahkan dengan triangulasi oleh ahli media, ahli materi,
reviewer dan siswa. Hasil penelitian berupa produk multimedia interaktif pembelajaran seni grafis untuk siswa
kelas VIII SMPN 1 Ngemplak dalam bentuk DVD, yang dirancang menggunakan Adobe Flash CS6, desain produk
menggunakan Corel Draw X7, dan video tutorial menggunakan Corel Video Studio Pro X5. Multimedia interaktif
berisi materi pengantar seni grafis, materi inti seni grafis berklise sederhana, video tutorial yang menayangkan cara
pembuatan klise sampai hasil finishing karya dan evaluasi berupa soal. Berdasarkan contoh finishing karya yang
terdapat pada video tutorial maka peserta didik akan lebih mudah memahami materi seni grafis berklise sederhana.
Desain tampilan materi dalam bentuk gambar-gambar yang berwarna. Produk multimedia interaktif telah divalidasi
oleh ahli materi, ahli media, guru seni rupa dan telah diuji cobakan kepada siswa. Melalui lembar validasi,
wawancara dan angket penilaian produk yang menunjukan hasil penilaian sangat baik mendominasi sehingga
multimedia interaktif seni grafis sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran mandiri. Menurut peserta
didik dengan multimedia pembelajaran interaktif tersebut mereka lebih memahami materi seni grafis yang telah
dilengkapi video tutorial, disamping mudah digunakan multimedia interaktif tersebut cocok digunakan sebagai
pembelajaran mandiri siswa.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Refbacks
- There are currently no refbacks.