PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN GAMBAR DEKORATIF MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN UNTUK SISWA KELAS V SD NEGERI 3 MUNTILAN TAHUN PELAJARAN 2016/ 2017
Abstract
Abstrak
Penelitian pengembangan/ research and development (R&D) dengan pendekatan kualitatif bertujuan untuk
mengembangkan modul lengkap (self contained) tentang motif dekoratif yang layak, yaitu memenuhi unsur karakteristik
modul, kelengkapan komponen modul, unsur-unsur grafis, dan elemen mutu modul untuk kelas V SD. Data berupa
deskripsi materi modul gambar dekoratif. Dikumpulkan melalui studi pustaka dan di trianggulasi oleh ahli materi Dosen
Ornamen Pendidikan Seni Rupa, dari Universitas Negeri Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan modul gambar
dekoratif diterima oleh siswa SD Negeri 3 Muntilan berisi materi bentuk dasar gambar dekoratif, tahap deformasi, stilasi,
dan mengapresiasi keunikan motif dekoratif Nusantara. Aspek pembelajaran, materi, tampilan, dan struktur modul diterima
siswa dengan menunjukkan nilai rata-rata 89,197%. Kesimpulan modul dapat digunakan dan dilakukan kelayakan
pemanfaatannya.
Penelitian pengembangan/ research and development (R&D) dengan pendekatan kualitatif bertujuan untuk
mengembangkan modul lengkap (self contained) tentang motif dekoratif yang layak, yaitu memenuhi unsur karakteristik
modul, kelengkapan komponen modul, unsur-unsur grafis, dan elemen mutu modul untuk kelas V SD. Data berupa
deskripsi materi modul gambar dekoratif. Dikumpulkan melalui studi pustaka dan di trianggulasi oleh ahli materi Dosen
Ornamen Pendidikan Seni Rupa, dari Universitas Negeri Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan modul gambar
dekoratif diterima oleh siswa SD Negeri 3 Muntilan berisi materi bentuk dasar gambar dekoratif, tahap deformasi, stilasi,
dan mengapresiasi keunikan motif dekoratif Nusantara. Aspek pembelajaran, materi, tampilan, dan struktur modul diterima
siswa dengan menunjukkan nilai rata-rata 89,197%. Kesimpulan modul dapat digunakan dan dilakukan kelayakan
pemanfaatannya.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Refbacks
- There are currently no refbacks.