PEMBELAJARAN MENGGAMBAR DENGAN TEKNIK GRAFFITO DI TK NASIONAL DEPOK, SLEMAN, YOGYAKARTA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi hasil pembelajaran menggambar
dengan menggunakan teknik graffito di TK Nasional Depok, Sleman, Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif
kualitatif. Subjek penelitian adalah Kepala Sekolah dan guru. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah karya anakpada
kelompok B di TK Nasional Depok, Sleman, Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Instrumen penelitian adalah Program Semester, Rencana Kegiatan Mingguan (RKM), Rencana Kegiatan Harian
(RKH) dan peneliti sendiri dengan dibantu pedoman observasi dan pedoman wawancara. Untuk mengecek keabsahan data
dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Analisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan.Pembelajaran dengan teknik graffito di TK Nasional Depok, Sleman, Yogyakartamengacu pada modul yang
memuat langkah-langkah menggunakan teknik graffito yaitu, 1) membagikan alat kerik dan kertas gambar putih kepada anak-
anak, 2) menggores kertas gambar putih dengan krayon berwarna cerah sampai tertutup semua permukaan kertas putih, 3)
menimpa goresan krayon warna cerah dengan krayon warna hitam, 4) mengerik permukaan kertas yang telah tertutupi warna
hitam, sehingga muncul susunan garis warna cerah yang membentuk bidang dan menghasilkan objek gambar. Dari 11 karya
diketahui bahwa kepadatan garis hasil kerikan dari teknik graffito membentuk bidang-bidang yang menyerupai segitiga,
persegi panjang, dan bulat yang menghasilkan sebuah objek gambar dengan tema pemandangan alam, pemandangan laut, dan
suasana perkotaan. Secara keseluruhan warna dasar yang nampak pada gambar terdiri dari 5 susunan warna cerah yaitu merah,
kuning, biru, hijau, dan orange. Penilaian karya menggunakan tanda bintang satu, dua, tiga, dan empat. Dari 11 karya diketahui
bahwa satu anak mendapatkan bintang satu, dua anak mendapatkan bintang dua, empat anak mendapatkan bintang tiga, dan
empat anak mendapatkan bintang empat.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi hasil pembelajaran menggambar
dengan menggunakan teknik graffito di TK Nasional Depok, Sleman, Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif
kualitatif. Subjek penelitian adalah Kepala Sekolah dan guru. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah karya anakpada
kelompok B di TK Nasional Depok, Sleman, Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Instrumen penelitian adalah Program Semester, Rencana Kegiatan Mingguan (RKM), Rencana Kegiatan Harian
(RKH) dan peneliti sendiri dengan dibantu pedoman observasi dan pedoman wawancara. Untuk mengecek keabsahan data
dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Analisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan.Pembelajaran dengan teknik graffito di TK Nasional Depok, Sleman, Yogyakartamengacu pada modul yang
memuat langkah-langkah menggunakan teknik graffito yaitu, 1) membagikan alat kerik dan kertas gambar putih kepada anak-
anak, 2) menggores kertas gambar putih dengan krayon berwarna cerah sampai tertutup semua permukaan kertas putih, 3)
menimpa goresan krayon warna cerah dengan krayon warna hitam, 4) mengerik permukaan kertas yang telah tertutupi warna
hitam, sehingga muncul susunan garis warna cerah yang membentuk bidang dan menghasilkan objek gambar. Dari 11 karya
diketahui bahwa kepadatan garis hasil kerikan dari teknik graffito membentuk bidang-bidang yang menyerupai segitiga,
persegi panjang, dan bulat yang menghasilkan sebuah objek gambar dengan tema pemandangan alam, pemandangan laut, dan
suasana perkotaan. Secara keseluruhan warna dasar yang nampak pada gambar terdiri dari 5 susunan warna cerah yaitu merah,
kuning, biru, hijau, dan orange. Penilaian karya menggunakan tanda bintang satu, dua, tiga, dan empat. Dari 11 karya diketahui
bahwa satu anak mendapatkan bintang satu, dua anak mendapatkan bintang dua, empat anak mendapatkan bintang tiga, dan
empat anak mendapatkan bintang empat.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Refbacks
- There are currently no refbacks.