PENGEMBANGAN MODUL PENDAMPING PEMBELAJARAN PENGETAHUAN ALAT DAN BAHAN MENGGAMBAR DALAM BENTUK BUKU SAKU
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pendamping dalam bentuk buku saku
pengetahuan alat dan bahan menggambar untuk peserta didik SMP kelas VII. Jenis penelitian ini
menggunakan Research and Development dengan analisis data deskriptif kualitatif. Penelitian ini
meliputi tahap: (1) studi pendahuluan terdiri dari analisis kebutuhan dan studi literatur, (2) tahap
perancangan: pembuatan model rancangan materi pembelajaran, flow chart, story board, pengumpulan
bahan pendukung, visualisasi desain, dan pengemasan buku saku, (3) tahap validasi oleh ahli materi, ahli
media, dan guru seni budaya, serta uji coba terhadap 30 peserta didik kelas VII C SMP N 3 Depok
Sleman. Produk yang dihasilkan berupa buku saku origami berukuran 9cm x 9cm pada saat ditutup dan
berukuran 16cm x 16cm saat dibuka. Jenis kertas yang digunakan kertas hvs 80gram. Buku saku
pengetahuan alat dan bahan menggambar dinyatakan layak setelah melakukan validasi ahli materi,
validasi ahli media, validasi guru seni budaya dan uji coba peserta didik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pendamping dalam bentuk buku saku
pengetahuan alat dan bahan menggambar untuk peserta didik SMP kelas VII. Jenis penelitian ini
menggunakan Research and Development dengan analisis data deskriptif kualitatif. Penelitian ini
meliputi tahap: (1) studi pendahuluan terdiri dari analisis kebutuhan dan studi literatur, (2) tahap
perancangan: pembuatan model rancangan materi pembelajaran, flow chart, story board, pengumpulan
bahan pendukung, visualisasi desain, dan pengemasan buku saku, (3) tahap validasi oleh ahli materi, ahli
media, dan guru seni budaya, serta uji coba terhadap 30 peserta didik kelas VII C SMP N 3 Depok
Sleman. Produk yang dihasilkan berupa buku saku origami berukuran 9cm x 9cm pada saat ditutup dan
berukuran 16cm x 16cm saat dibuka. Jenis kertas yang digunakan kertas hvs 80gram. Buku saku
pengetahuan alat dan bahan menggambar dinyatakan layak setelah melakukan validasi ahli materi,
validasi ahli media, validasi guru seni budaya dan uji coba peserta didik.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Refbacks
- There are currently no refbacks.