POP-UP SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SENI RUPA TERAPAN UNTUK SEKOLAH DASAR

Lukman Hakim,

Abstract


ABSTRAK
  Penulisan laporan Tugas Akhir Karya Seni bertujuan untuk mendeskripsikan konsep, visualisasi, teknik dan
materi pembelajaran dengan judul Model Pop-up sebagai Media Pembelajaran Seni Rupa Terapan untuk Siswa Kelas
4 Sekolah Dasar.
Metode  dalam penciptaan media pembelajaran antaralain  observasi, dokumentasi, dan visualisasi.  Observasi
tersebut dilakukan dengan pengamatan secara langsung mengenai media pembelajaran khususnya media berupa buku.
Adapun dokumentasi dilakukan dengan cara pengumpulan data berupa visual yang digunakan sebagai acuan untuk
membuat visualisai pada materi dalam media pembelajaran.  Dalam visualisasi, penulis  melakukan  proses
penggarapan media pembelajaran dengan tahapan rought layout, comprehensive layout dan final design.
Dari keterangan di atas maka dapat disimpukan bahwa: 1. Konsep penciptaan media pembelajaran adalah pop-
up. Media pembelajaran ini menampilan materi  dalam bentuk  pop-up. Karya seni rupa terapan yang ditampilkan
dalam media pembelajaran ini bisa muncul menjadi bentuk tiga dimensi, sehingga bentuk yang ditampilkan menjadi
tampak  nyata. 2. Visualisasi dan teknik  lipatan  dikerjakan berdasarkan objek  aslinya. Visualisasi meliputi bentuk
objek, warna dan motif. Teknik  pengerjaan  meliputi jenis potongan dan lipaatan.  Setiap halaman menggunakan
teknik yang bervariasi. Semua bagian dikerjakan sedetail mungkin hingga  bentuk  yang ditampilkan dalam media
pembelajaran benar-benar mewakili karya seni rupa terapan yang aslinya. 3. Materi dalam media pembelajaran
dibuat berdasarkan buku pelajaran Seni Budaya yang digunakan oleh siswa kelas 4 Sekolah Dasar. Media
pembelajaran ini menyampaikan materi  tentang  keaneka ragaman karya seni rupa terapan dari berbagai daerah di
Indonesia.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.