NILAI PENDIDIKAN DAN ESTETIKA ISLAM PADA ARSITEKTUR MASJID GEDHE KRATON, KAUMAN-YOGYAKARTA
Abstract
ABSTRAK
Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai pendidikan dan estetika
Islam pada arsitektur Masjid Ghede Kraton, Kauman-Yogyakarta. Data penelitian diperoleh dengan
teknik observasi, wawancara, dokumentasi, studi pustaka, dan catatan lapangan. Analisis data dengan
diklasifkasikan, interpretasi dan disimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:(1) Nilai Pendidikan
dan Estetika Islam berupa Ketauhidan adalah nilai yang menunjukan agar bersikap percaya dan
mengimani bahwa tiada Tuhan selain Allah SWT dan percaya kepada Nabi dan Rasul-Nya(2)Nilai
pendidikan Islam terdapat arsitektur bangunan masjid dengan aplikasi konsep Habluminallah dan
Hablumminannas yang di dalamnya mencangkup Uluhiyah, Rububiyah, dan Ubudiyah yang
membimbing kepada masyarakat meyakini Allah Sang Pencipta, Pemelihara dan Penguasa alam semesta
beserta isinya.(3)Estetika Islam pada konstruksi bentuk yaitu: Gapura, Pilar Waluh pada Cepuri, Serambi
ornamennya seperti: Padma, Praba, Putri Mirong, Sorotan, Saton, Cakra Manggilingan, Baya, Wajikan,
dan Tumpal; Ruang Liwan atau ruang sholat utama; Mimbar Mihrab dan Maksura; juga atap berupa
Mustaka bersimbol Daun Kluwih, Daun dan Gadha.
Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai pendidikan dan estetika
Islam pada arsitektur Masjid Ghede Kraton, Kauman-Yogyakarta. Data penelitian diperoleh dengan
teknik observasi, wawancara, dokumentasi, studi pustaka, dan catatan lapangan. Analisis data dengan
diklasifkasikan, interpretasi dan disimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:(1) Nilai Pendidikan
dan Estetika Islam berupa Ketauhidan adalah nilai yang menunjukan agar bersikap percaya dan
mengimani bahwa tiada Tuhan selain Allah SWT dan percaya kepada Nabi dan Rasul-Nya(2)Nilai
pendidikan Islam terdapat arsitektur bangunan masjid dengan aplikasi konsep Habluminallah dan
Hablumminannas yang di dalamnya mencangkup Uluhiyah, Rububiyah, dan Ubudiyah yang
membimbing kepada masyarakat meyakini Allah Sang Pencipta, Pemelihara dan Penguasa alam semesta
beserta isinya.(3)Estetika Islam pada konstruksi bentuk yaitu: Gapura, Pilar Waluh pada Cepuri, Serambi
ornamennya seperti: Padma, Praba, Putri Mirong, Sorotan, Saton, Cakra Manggilingan, Baya, Wajikan,
dan Tumpal; Ruang Liwan atau ruang sholat utama; Mimbar Mihrab dan Maksura; juga atap berupa
Mustaka bersimbol Daun Kluwih, Daun dan Gadha.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Refbacks
- There are currently no refbacks.