PERANCANGAN POP-UP CARD UNTUK PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA KELAS 4 SEKOLAH DASAR

Viki Adi Nugroho,

Abstract


Abstrak
Perancangan pop-up card ini bertujuan untuk menciptakan media pembelajaran yang menarik dan
efektif untuk memvisualisasikan point-point dalam materi Seni Budaya dan Prakarya Kelas 4 dalam
bentuk  pop-up card.  Metode yang digunakan ada tiga tahap, yaitu eksplorasi, perancangan dan
perwujudan. Tahap eksplorasi meliputi pengamatan dan pencermatan terhadap sumber-sumber berkaitan
dengan pop-up card, baik secara teori, teknik, langkah-langkah, serta materi yang akan digunakan untuk
membuatnya, termasuk menentukan tema. Tahap perancangan adalah kegiatan menuangkan ide dari hasil
analisis yang telah dilakukan ke dalam bentuk desain secara kasar termasuk memilih alat dan bahan yang
paling tepat. Tahap perwujudan meliputi percobaan (eksperimen) hingga sampai pada desain yang
dianggap sempurna, realisasi (perwujudan) karya dari ilustrasi digital,  paper engineering  sampai
finishing, dan evaluasi hasil akhir. Hasil dari perancangan pop-up card  terdiri atas lima karya, yaitu: (1)
Istana Maimun Kesultanan Deli, (2) Istana Siak Sri Inderapura, (3) Istano Basa Kerajaan Pagaruyung, (4)
Keraton Kasepuhan Cirebon, dan (5) Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Secara umum, kelima karya
ini memiliki tiga bagian isi, yaitu bangunan utama, alas yang berisi penjelasan-penjelasan, serta bagian-
bagian  flap berisi penjelasan atau objek baru yang memvisualisasikan penjelasan. Visualisasi karya dari
sampul sampai isi mewujudkan flat design.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.