MODUL PEMBELAJARAN RAGAM HIAS TAPIS UNTUK KELAS VII SMPN 2 TUMIJAJAR TULANG BAWANG BARAT LAMPUNG

Dewi Utari Prasetyarini,

Abstract


Abstrak
Penelitian pengembangan/Research and  Development  (R&D) ini bertujuan untuk mengembangkan materi dan
modul  pembelajaran tentang ragam hias tapis pada siswa kelas VII SMP N 2 Tumijajar Tulang Bawang Barat
Lampung.  
Tahapan utama pada penelitian ini terdiri dari : (1) pemilihan dan pengembangan  materi pembelajaran, (2)
pengembangan dan pembuatan modul  pembelajaran dan (3) uji coba kelayakan modul. Pemilihan dan
pengembangan materi dilakukan setelah melakukan obervasi, wawancara serta dokumentasi di  lapangan. Analisis
terhadap Kompetensi Dasar pada silabus menghasikan temuan berupa materi ragam hias tapis yang cukup luas dan
sulit dipelajari peserta didik.  Sehingga perlu diperkecil  cakupannya agar  lebih mudah  dipelajari dan tidak
meninggalkan tujuan yang harus dicapai dalam pembelajaran.  
Hasil penelitian berupa modul pembelajaran  ragam hias tapis yang berisikan konsep atau pengertian, jenis, prinsip,
unsur, prosedur, teknik  dalam menggambar ragam hias tapis  dan evaluasi. Modul tersebut  telah dinyatakan valid
atau  layak oleh ahli materi, ahli media,  praktisi pembelajaran dan diuji cobakan kepada peserta didik kelas VII.
Tahap uji coba dilakukan melalui dua tahap yaitu uji coba terbatas sebanyak 10 orang dan uji coba  luas sebanyak
30 orang. Subjek uji coba adalah peserta  didik kelas VII SMPN  2 Tumijajar Tulang Bawang Barat Lampung.
Instrumen pengumpulan data menggunakan angket dan hasil  penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik
analisis data dan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil  penelitian dapat disimpulkan bahwa modul
pembelajaran ragam hias tapis untuk kelas VII SMPN 2 Tumijajar Tulang Bawang Barat  Lampung secara
keseluruhan dikatakan layak.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.