PENGEMBANGAN MEDIA BUKU POP UP PANCASILA DI SD MUHAMMADIYAH AMBARBINANGUN KASIHAN BANTUL
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media buku pop up Pancasila sebagai media pembelajaran
kelas IV SD Muhammadiyah Ambarbinangun, Kasihan, Bantul, serta mengetahui kelayakan media buku pop up
Pancasila berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, dan praktisi pembelajaran (guru kelas). Penelitian ini
menggunakan penelitian Research and Development (R&D) dengan tahapan-tahapan yang disederhanakan, yaitu:
1) Potensi dan Masalah, 2) Pengumpulan data, 3) Desain Produk, 4) Validasi Desain, 5) Revisi Desain.
Berdasarkan masalah berupa kurangnya media pembelajaran pendamping buku tematik dan potensi berupa adanya
program Gerakan Literasi Sekolah, maka diambil kesimpulan bahwa perlu dilakukan pengembangan media
pembelajaran buku pop up Pancasila di SD Muhammadiyah Ambarbinangun, Kasihan, Bantul, kelas IV.
Pengembangan produk media buku pop up Pancasila melalui beberapa proses: 1) Pembuatan storyboard sebagai
dasar penyusunan layout, 2) Pembuatan unsur pictorial, 3) Pembuatan unsur non pictorial, 4) Penggabungan unsur
pictorial dan non pictorial, 5) Pembuatan media buku pop up Pancasila. Produk yang dihasilkan berupa media
buku pop up yang berjudul “Ayo Menerapkan Pancasila Bersama-sama” berukuran 42cm x 25cm dengan tebal
sekitar 2cm. Media buku pop up Pancasila ini dibuat dengan menggunakan software Corel Draw X7. Hasil
penilaian ahli materi mendapatkan hasil presentase 98.62% dengan kategori sangat layak, penilaian ahli media
mendapatkan hasil presentase 96.70% dengan kategori sangat layak, dan penilaian praktisi pembelajaran (guru)
mendapatkan hasil presentase 90.62% dengan kategori sangat layak. Sehingga dapat disimpulkan media buku pop
up Pancasila ini layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media buku pop up Pancasila sebagai media pembelajaran
kelas IV SD Muhammadiyah Ambarbinangun, Kasihan, Bantul, serta mengetahui kelayakan media buku pop up
Pancasila berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, dan praktisi pembelajaran (guru kelas). Penelitian ini
menggunakan penelitian Research and Development (R&D) dengan tahapan-tahapan yang disederhanakan, yaitu:
1) Potensi dan Masalah, 2) Pengumpulan data, 3) Desain Produk, 4) Validasi Desain, 5) Revisi Desain.
Berdasarkan masalah berupa kurangnya media pembelajaran pendamping buku tematik dan potensi berupa adanya
program Gerakan Literasi Sekolah, maka diambil kesimpulan bahwa perlu dilakukan pengembangan media
pembelajaran buku pop up Pancasila di SD Muhammadiyah Ambarbinangun, Kasihan, Bantul, kelas IV.
Pengembangan produk media buku pop up Pancasila melalui beberapa proses: 1) Pembuatan storyboard sebagai
dasar penyusunan layout, 2) Pembuatan unsur pictorial, 3) Pembuatan unsur non pictorial, 4) Penggabungan unsur
pictorial dan non pictorial, 5) Pembuatan media buku pop up Pancasila. Produk yang dihasilkan berupa media
buku pop up yang berjudul “Ayo Menerapkan Pancasila Bersama-sama” berukuran 42cm x 25cm dengan tebal
sekitar 2cm. Media buku pop up Pancasila ini dibuat dengan menggunakan software Corel Draw X7. Hasil
penilaian ahli materi mendapatkan hasil presentase 98.62% dengan kategori sangat layak, penilaian ahli media
mendapatkan hasil presentase 96.70% dengan kategori sangat layak, dan penilaian praktisi pembelajaran (guru)
mendapatkan hasil presentase 90.62% dengan kategori sangat layak. Sehingga dapat disimpulkan media buku pop
up Pancasila ini layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Refbacks
- There are currently no refbacks.