PERANCANGAN MEDIA PROMOSI ESTHY CAKE AND BAKERY PRAMBANAN SLEMAN YOGYAKARTA

Rekyan Woro Widyaningtyas,

Abstract


Abstrak
  Perancangan media promosi Esthy Cake and Bakery bertujuan untuk menghasilkan konsep media
promosi  yang , sesuai, efektif, efisien, kreatif, dan komunikatif sebagai pusat informasi dan daya tarik
Esthy Cake and Bakery. Sehingga dapat menghasilkan media yang siap digunakan untuk promosi Esthy
Cake and Bakery.  Proses perancangan media promosi  Esthy  Cake and Bakery  melalui tahapan
pengumpulan data, baik data verbal maupun data visual dengan teknik observasi, wawancara, dan
dokumentasi, data dianalisis dengan menggunakan teknik SWOT (Strengths, Weakness, Opportunities,
dan Threaths). Tahapan pembuatan media promosi dengan proses membuat layout gagasan, rough layout,
comprehensive layout, dan  final desain. Instrumen yang digunakan dalam pembuatan karya diantaranya
berupa perangkat manual yaitu, pensil,  sket book, drawing pen, note book, dan perangkat digital yaitu,
kamera, komputer,  handphone, scanner. Konsep perancangan media promosi produk  Esthy  Cake and
Bakery  secara  umum adalah menghadirkan ilustrasi produk  Esthy  Cake and Bakery  kedalam media
promosi. Gaya modern ditampilkan dalam bentuk jenis font pada desain media promosi, dan warna hijau
sebagai warna kunci media promosi Esthy Cake and Bakery. Identitas perancangan media promosi Esthy
Cake and Bakery berupa headline Esthy dengan ciri khas yang diambil dari logonya dengan tambahan
warna merah.  Hasil dari perancangan media promosi berupa media utama (prime media)  dan media
pendukung (supporting media). Media  utama yang digunakan adalah  packaging, packaging  dibuat
menjadi dua jenis yaitu packaging box dan packaging paperbag. Media pendukung, antara lain x-banner,
leaflet, kartu nama, poster,  table tent, baliho, kalender, apron, baker hat, piring, cangkir, dan gantungan
kunci.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.