PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU SAKU DASAR-DASAR SENI LUKIS UNTUK SISWA KELAS IX SMP BINAJAYA BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran seni rupa
untuk kelas IX SMP, berupa materi seni lukis ke dalam bentuk buku saku serta menguji
tingkat kelayakan media pembelajaran buku saku seni lukis
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan
(Research and development) model 4D (Define ,Design, Development,Dissemination).
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Bina Jaya Banguntapan tahun ajaran
2017/2018 dengan pengambilan subjek uji sebanyak 15 orang siswa dengan menggunkan
instrumen pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dokumentasi, observasi,
diskusi dan konsultasi. Hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis isi dan
analisis deksriptif
Media pembelajaran ini memenuhi kriteria layak oleh rata rata skor kelayakan ahli
materi 80,305 ahli media memperoleh 65, 553, uji coba siswa mendapat skor 73,306. Oleh
karena itu dapat ditarik kesimpulan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan layak
digunakan untuk pembelajaran seni rupa kelas IX SMP Bina Jaya Banguntapan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran seni rupa
untuk kelas IX SMP, berupa materi seni lukis ke dalam bentuk buku saku serta menguji
tingkat kelayakan media pembelajaran buku saku seni lukis
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan
(Research and development) model 4D (Define ,Design, Development,Dissemination).
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Bina Jaya Banguntapan tahun ajaran
2017/2018 dengan pengambilan subjek uji sebanyak 15 orang siswa dengan menggunkan
instrumen pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dokumentasi, observasi,
diskusi dan konsultasi. Hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis isi dan
analisis deksriptif
Media pembelajaran ini memenuhi kriteria layak oleh rata rata skor kelayakan ahli
materi 80,305 ahli media memperoleh 65, 553, uji coba siswa mendapat skor 73,306. Oleh
karena itu dapat ditarik kesimpulan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan layak
digunakan untuk pembelajaran seni rupa kelas IX SMP Bina Jaya Banguntapan.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Refbacks
- There are currently no refbacks.