PERANCANGAN MEDIA PROMOSI WISATA ALAM GUNUNG SIKUNIR WONOSOBO
Abstract
Abstrak
Tujuan darip erancangan media promosi ini adalah untuk mempromosikan daerah pariwisataSikunir yang
ada di kawasan Dieng Wonosobo. Adanya perancangan media promosi ini dapat menjadi sesuatu yang baru dan
sarana untuk meningkatkan daya jual. Perancangan media promosi ini melalui beberapa tahap, yaitu: tahap
pengumpulan dataverbal visual dengan teknik observasi lapangan dan dokumentasi. Kemudian dianalisis datanya,
baik konsep, isi, maupun media. Perancangan desain kreatif melalui empat tahapan yaitu idea layout, rough layout,
comprehensive layout, dan final design. Gambar diolah menggunakan aplikasicorel drawdalam proses desainnya.
Penyajiannya dicetak pada kertas art paper 150 gr sebagai hasil akhir. Konsep awal adalah menonjolkan sunrise
Sikunir dengan fotografi. Membuatdesain yang sederhana dengan bentuk vektor-vektor dalam bentuk logo dan
tagline,menggunakan warna utama kuning, oranye, putih dan hitam yang sengaja dipilih dari bentuk sunris e uncak
Sikunir. Hasil dari perancangan berupa media utama yaitu poster, media penunjang berupa spanduk, x-banner,
peta, penunjuk arah, tiket masuk, mug, stiker dan gantungan kunci.
Tujuan darip erancangan media promosi ini adalah untuk mempromosikan daerah pariwisataSikunir yang
ada di kawasan Dieng Wonosobo. Adanya perancangan media promosi ini dapat menjadi sesuatu yang baru dan
sarana untuk meningkatkan daya jual. Perancangan media promosi ini melalui beberapa tahap, yaitu: tahap
pengumpulan dataverbal visual dengan teknik observasi lapangan dan dokumentasi. Kemudian dianalisis datanya,
baik konsep, isi, maupun media. Perancangan desain kreatif melalui empat tahapan yaitu idea layout, rough layout,
comprehensive layout, dan final design. Gambar diolah menggunakan aplikasicorel drawdalam proses desainnya.
Penyajiannya dicetak pada kertas art paper 150 gr sebagai hasil akhir. Konsep awal adalah menonjolkan sunrise
Sikunir dengan fotografi. Membuatdesain yang sederhana dengan bentuk vektor-vektor dalam bentuk logo dan
tagline,menggunakan warna utama kuning, oranye, putih dan hitam yang sengaja dipilih dari bentuk sunris e uncak
Sikunir. Hasil dari perancangan berupa media utama yaitu poster, media penunjang berupa spanduk, x-banner,
peta, penunjuk arah, tiket masuk, mug, stiker dan gantungan kunci.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Refbacks
- There are currently no refbacks.