MIND MAPPING SEBAGAI METODE MENGEMBANGKAN KREATIVITAS MENGGAMBAR PADA SISWA KELAS III SD NEGERI BEKELAN
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan skema Mind Mapping dalam bentuk karya gambar
kreatif menggunakan warna dan bentuk. Subjek penelitian ini adalah 8 karya siswa SD Negeri Bekelan
yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teknik
analisis data model Miles dan Huberman serta pemeriksaan keabsahan datanya menggunakan metode
triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Siswa mampu dalam menyelesaikan masalah terutama ketika
berhadapan dengan suatu tema tertentu. Mereka mampu memahami apa yang perlu dilakukan ketika menerima
tema dalam proses menggambar. 2) Terlihat indikasi peningkatan kreativitas siswa dalam proses pembelajaran
menggambar dengan tema piknik. Hal tersebut nampak ketika siswa mampu menuangkan ide, gagasan serta
pengalamannya selama piknik kedalam bentuk Mind Mapping yang kemudian diwujudkan dalam bentuk karya
gambar, 3) Dalam proses menggambar dengan menggunakan metode Mind Mapping siswa berani untuk
mengeluarkan ide dan kreativitasnya, tidak mudah menyerah ketika mencari ide, mampu dan berani menjelaskan
ketika diberi pertanyaan seputar karyanya.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan skema Mind Mapping dalam bentuk karya gambar
kreatif menggunakan warna dan bentuk. Subjek penelitian ini adalah 8 karya siswa SD Negeri Bekelan
yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teknik
analisis data model Miles dan Huberman serta pemeriksaan keabsahan datanya menggunakan metode
triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Siswa mampu dalam menyelesaikan masalah terutama ketika
berhadapan dengan suatu tema tertentu. Mereka mampu memahami apa yang perlu dilakukan ketika menerima
tema dalam proses menggambar. 2) Terlihat indikasi peningkatan kreativitas siswa dalam proses pembelajaran
menggambar dengan tema piknik. Hal tersebut nampak ketika siswa mampu menuangkan ide, gagasan serta
pengalamannya selama piknik kedalam bentuk Mind Mapping yang kemudian diwujudkan dalam bentuk karya
gambar, 3) Dalam proses menggambar dengan menggunakan metode Mind Mapping siswa berani untuk
mengeluarkan ide dan kreativitasnya, tidak mudah menyerah ketika mencari ide, mampu dan berani menjelaskan
ketika diberi pertanyaan seputar karyanya.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Refbacks
- There are currently no refbacks.