PEMBINAAN KREATIVITAS MEMBENTUK DI PROGRAM BIMBINGAN DAN PELATIHAN SENI ART FOR CHILDREN TAMAN BUDAYA YOGYAKARTA

Noni Dwi Ratnasari,

Abstract


ABSTRAK
 
Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mendeskripsikan  pembinaan  kreativitas  pada  Program  Bimbingan
dan  Pelatihan  Seni  Art  For  Children  (AFC)  yang meliputi:  (1)  proses  pembinaan  kreativitas membentuk
(persiapan,  pelaksanaan,  dan  evaluasi  hasil  karya);  (2) hasil  karya  topeng  paper mache  anak-anak.  Jenis
penelitian kualitatif.  Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumen.  Instrumen
penelitian yang digunakan human  instrument, pedoman observasi, wawancara dan dokumen. Uji keabsahan
data dilakukan dengan teknik triangulasi  metode. Teknik  analisis  data  menggunakan model  Miles  dan
Huberman  dengan  tahapan  terdiri  dari:  pengumpulan  data,  reduksi  data,  display data  serta  pengambilan
kesimpulan dan  verifikasi.  Hasil  penelitian  ini  menunjukan  bahwa:  (1)  Proses  pembinaan  kreativitas
membentuk  topeng  paper  mache,  meliputi:  (a)  kegiatan  persiapan  (bahan,  alat  dan  media);  (b)  kegiatan
pelaksanaan dimulai dengan kegiatan pendahuluan menyampaikan tema, tujuan, dan memperlihatkan contoh
karya dilanjutkan kegiatan inti membuat model, membentuk topeng, finishing, dan kegiatan penutup dengan
penilaian  hasil  karya;  (c)  penilaian  topeng dengan  kualitatif menggunakan  bahasa  verbal;  (2)  hasil  karya
topeng  anak-anak  yang  dikategorikan  sangat  baik  (SB)    berjumlah  15  topeng  dan  sejumlah  1  topeng
dikategorikan  baik  (B)  sehingga  Program Bimbingan  dan  Pelatihan  Seni  dalam membentuk  topeng  paper
mache dapat mengembangkan kreativitas anak-anak.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.