PEMBINAAN KREATIVITAS MEMBENTUK DI PROGRAM BIMBINGAN DAN PELATIHAN SENI ART FOR CHILDREN TAMAN BUDAYA YOGYAKARTA
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembinaan kreativitas pada Program Bimbingan
dan Pelatihan Seni Art For Children (AFC) yang meliputi: (1) proses pembinaan kreativitas membentuk
(persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi hasil karya); (2) hasil karya topeng paper mache anak-anak. Jenis
penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumen. Instrumen
penelitian yang digunakan human instrument, pedoman observasi, wawancara dan dokumen. Uji keabsahan
data dilakukan dengan teknik triangulasi metode. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan
Huberman dengan tahapan terdiri dari: pengumpulan data, reduksi data, display data serta pengambilan
kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Proses pembinaan kreativitas
membentuk topeng paper mache, meliputi: (a) kegiatan persiapan (bahan, alat dan media); (b) kegiatan
pelaksanaan dimulai dengan kegiatan pendahuluan menyampaikan tema, tujuan, dan memperlihatkan contoh
karya dilanjutkan kegiatan inti membuat model, membentuk topeng, finishing, dan kegiatan penutup dengan
penilaian hasil karya; (c) penilaian topeng dengan kualitatif menggunakan bahasa verbal; (2) hasil karya
topeng anak-anak yang dikategorikan sangat baik (SB) berjumlah 15 topeng dan sejumlah 1 topeng
dikategorikan baik (B) sehingga Program Bimbingan dan Pelatihan Seni dalam membentuk topeng paper
mache dapat mengembangkan kreativitas anak-anak.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembinaan kreativitas pada Program Bimbingan
dan Pelatihan Seni Art For Children (AFC) yang meliputi: (1) proses pembinaan kreativitas membentuk
(persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi hasil karya); (2) hasil karya topeng paper mache anak-anak. Jenis
penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumen. Instrumen
penelitian yang digunakan human instrument, pedoman observasi, wawancara dan dokumen. Uji keabsahan
data dilakukan dengan teknik triangulasi metode. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan
Huberman dengan tahapan terdiri dari: pengumpulan data, reduksi data, display data serta pengambilan
kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Proses pembinaan kreativitas
membentuk topeng paper mache, meliputi: (a) kegiatan persiapan (bahan, alat dan media); (b) kegiatan
pelaksanaan dimulai dengan kegiatan pendahuluan menyampaikan tema, tujuan, dan memperlihatkan contoh
karya dilanjutkan kegiatan inti membuat model, membentuk topeng, finishing, dan kegiatan penutup dengan
penilaian hasil karya; (c) penilaian topeng dengan kualitatif menggunakan bahasa verbal; (2) hasil karya
topeng anak-anak yang dikategorikan sangat baik (SB) berjumlah 15 topeng dan sejumlah 1 topeng
dikategorikan baik (B) sehingga Program Bimbingan dan Pelatihan Seni dalam membentuk topeng paper
mache dapat mengembangkan kreativitas anak-anak.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Refbacks
- There are currently no refbacks.