PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN SENI RUPA UNTUK SEKOLAH DASAR KELAS IV DI SD MUHAMMADIYAH PURWODININGRATAN 2 YOGYAKARTA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini betujuan untuk mengembangkan modul lengkap (self contained) pembelajaran seni
rupa sekolah dasar kelas IV, yaitu memenuhi unsur karakteristik modul, kelengkapan komponen modul,
unsur-unsur modul, unsur-unsur grafis, dan elemen mutu modul.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan research and development (R&D). tahapan
penelitian ini terdiri dari: (1) studi pendahuluan, (2) studi pengembangan desain model, dan (3) validasi
model. Objek penelitian ini adalah bahan ajar berupa modul pembelajaran seni rupa kelas IV Sekolah Dasar.
Instrumen pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dokumentasi, observasi, diskusi dan
konsultasi. Hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis isi dan analisis statistik
deskriptif.
Kelayakan modul memenuhi kriteria apabila skor kelayakan minimal 76 dari skor maksimal 100.
Modul pembelajaran ini memenuhi kriteria layak oleh rata-rata skor kelayakan dari ahli materi 93,750, ahli
media 77,272, uji coba perorangan 84,399, uji coba kelompok kecil 88,021 dan uji coba kelompok besar
87,995. Oleh karena itu dapat ditarik kesimpulan bahwa modul pembelajaran yang dikembangkan layak
digunakan untuk pembelajaran seni rupa di kelas IV SD.
Penelitian ini betujuan untuk mengembangkan modul lengkap (self contained) pembelajaran seni
rupa sekolah dasar kelas IV, yaitu memenuhi unsur karakteristik modul, kelengkapan komponen modul,
unsur-unsur modul, unsur-unsur grafis, dan elemen mutu modul.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan research and development (R&D). tahapan
penelitian ini terdiri dari: (1) studi pendahuluan, (2) studi pengembangan desain model, dan (3) validasi
model. Objek penelitian ini adalah bahan ajar berupa modul pembelajaran seni rupa kelas IV Sekolah Dasar.
Instrumen pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dokumentasi, observasi, diskusi dan
konsultasi. Hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis isi dan analisis statistik
deskriptif.
Kelayakan modul memenuhi kriteria apabila skor kelayakan minimal 76 dari skor maksimal 100.
Modul pembelajaran ini memenuhi kriteria layak oleh rata-rata skor kelayakan dari ahli materi 93,750, ahli
media 77,272, uji coba perorangan 84,399, uji coba kelompok kecil 88,021 dan uji coba kelompok besar
87,995. Oleh karena itu dapat ditarik kesimpulan bahwa modul pembelajaran yang dikembangkan layak
digunakan untuk pembelajaran seni rupa di kelas IV SD.
Refbacks
- There are currently no refbacks.