ANALISIS KARAKTERISTIK LUKISAN ANAK DI TK AL-MUTTAQIN GAMPING YOGYAKARTA KELOMPOK B2 BERDASARKAN PERIODISASI PERKEMBANGAN LUKISAN ANAK VIKTOR LOWENFELD
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik lukisan anak di TK Al-Muttaqin Gamping
Yogyakarta Kelompok B2 usia 6 sampai 7 tahun berdasarkan periodisasi perkembangan lukisan anak Viktor
Lowenfeld. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian yaitu kepala sekolah,
guru kelas dan 28 anak TK Al-Muttaqin Kelompok B2. Data dianalisis secara deskriptif dengan mendeskripsikan
dan membahas karakteristik lukisan anak TK Al-Muttaqin Kelompok B2 berjumlah 28 lukisan berdasarkan
periodisasi perkembangan lukisan anakViktor Lowenfeld dan dinilai oleh tiga ahli. Teknik pengumpulan data
menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian
data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) berdasarkan unsur bentuk, warna, dan ruang,
karakteristik lukisan anak yang termasuk ke dalam periodisasi pra bagan berjumlah 16 lukisan menunjukkan satu
tingkat lebih tinggi dari periodisasi yang terdapat pada teori perkembangan lukisan anak Viktor Lowenfeld.
Lukisan anak pada periodisasi pra bagan menunjukkan karakteristik lukisan anak pada periodisasi bagan. Dengan
demikian karakteristik lukisan anak yang termasuk ke dalam periodisasi pra bagan tidak sesuai dengan periodisasi
perkembangan lukisan anak Viktor Lowenfeld. (2) Lukisan anak yang termasuk ke dalam periodisasi bagan
berjumlah 12 lukisan menunjukkan karakteristik yang sesuai dengan periodisasi perkembangan lukisan anak Viktor
Lowenfeld. Dengan demikian karakteristik lukisan anak di TK Al-Muttaqin Gamping Yogyakarta Kelompok B2
tidak sepenuhnya sesuai dengan periodisasi perkembangan lukisan anak Viktor Lowenfeld.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik lukisan anak di TK Al-Muttaqin Gamping
Yogyakarta Kelompok B2 usia 6 sampai 7 tahun berdasarkan periodisasi perkembangan lukisan anak Viktor
Lowenfeld. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian yaitu kepala sekolah,
guru kelas dan 28 anak TK Al-Muttaqin Kelompok B2. Data dianalisis secara deskriptif dengan mendeskripsikan
dan membahas karakteristik lukisan anak TK Al-Muttaqin Kelompok B2 berjumlah 28 lukisan berdasarkan
periodisasi perkembangan lukisan anakViktor Lowenfeld dan dinilai oleh tiga ahli. Teknik pengumpulan data
menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian
data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) berdasarkan unsur bentuk, warna, dan ruang,
karakteristik lukisan anak yang termasuk ke dalam periodisasi pra bagan berjumlah 16 lukisan menunjukkan satu
tingkat lebih tinggi dari periodisasi yang terdapat pada teori perkembangan lukisan anak Viktor Lowenfeld.
Lukisan anak pada periodisasi pra bagan menunjukkan karakteristik lukisan anak pada periodisasi bagan. Dengan
demikian karakteristik lukisan anak yang termasuk ke dalam periodisasi pra bagan tidak sesuai dengan periodisasi
perkembangan lukisan anak Viktor Lowenfeld. (2) Lukisan anak yang termasuk ke dalam periodisasi bagan
berjumlah 12 lukisan menunjukkan karakteristik yang sesuai dengan periodisasi perkembangan lukisan anak Viktor
Lowenfeld. Dengan demikian karakteristik lukisan anak di TK Al-Muttaqin Gamping Yogyakarta Kelompok B2
tidak sepenuhnya sesuai dengan periodisasi perkembangan lukisan anak Viktor Lowenfeld.
Refbacks
- There are currently no refbacks.