IMPLEMENTASI PROGRAM GELAR PELAJAR DALAM PENGEMBANGAN KECERDASAN MAJEMUK SISWA DI KOTA YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) implementasi program gelar pelajar dalam proses pengembangan kecerdasan majemuk siswa di kota Yogyakarta, 2) faktor pendukung dan faktor
penghambat implementasi program gelar pelajar dalam proses pengembangan kecerdasan majemuk siswa
di kota Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif naturalistik. Subjek dalam
penelitian ini adalah pejabat penanggung jawab teknis kegiatan, bangaanggota pelaksana program pelajar.
Hasil penelitian menunjukkan program gelar pelajar dalam proses pengemn kecerdasan majemuk siswa
di kota Yogyakarta sudah membentuk tim pelaksana berserta tugas masing-masing, tahap interpretasi
menggunakan cara sosialisasi. Sosialisasi dilakukan saat rapat setiap bulanya. Dinas Pendidikan Kota
Yogyakarta sudah melakukan tahapan aplikasi dengan menerapkan teori kecerdasan majemuk yang
dikemukakan oleh Howard Garner berupa penetapan anggaran dan peralatan dengan melakukan
sosialisasi. Faktor penghambat program gelar pelajar dalam proses pengembangan kecerdasan majemuk
siswa di kota Yogyakarta terjadi pada faktor cuaca dan perlengkapan pendukung yang kurang maksimal.
Faktor pendukung program gelar pelajar dalam proses pengembangan kecerdasan majemuk siswa di kota
Yogyakarta dapat dijumpai pada faktor respon baik dari sekolah dan adanya Car Free Day.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v6i2.8831
Refbacks
- There are currently no refbacks.