KEBIJAKAN PENINGKATAN PARTISIPASI MASYARAKAT MENGIKUTI PENDIDIKAN DASAR DI KABUPATEN GUNUNGKIDUL

Destyana Hermawati,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Kebijakan Peningkatan Partisipasi Masyarakat Mengikuti Pendidikan Dasar di Kabupaten Gunungkidul; (2) Pelaksanaan Kebijakan; (3) Faktor Pendukung dan Penghambat dalam Pelaksanaan Kebijakan. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif. Penelitian dilakukan di Dinas Dikpora Kabupaten Gunungkidul selama bulan April-Mei 2016. Subjek penelitian adalah pejabat dinas yang terdiri dari Kepala Dinas, Kepala Bidang, Kepala Seksi dan Staff. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan studi dokumen. Teknik analisis menggunakan model interaktif Miles and Huberman yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kebijakan Peningkatan Partisipasi Masyarakat Mengikuti Pendidikan Dasar di Kabupaten Gunungkidul tersusun dalam Kebijakan Penuntasan Wajib Belajar 9 Tahun dan Rintisan 12 Tahun dan terbagi dalam enam program; (2) Pelaksanaan Kebijakan telah didukung dengan komunikasi dari komponen internal dan eksternal, sumber daya manusia yang sejalan dengan kebijakan, sumber keuangan, komitmen dari pihak internal dinas dan eksternal, dan struktur birokrasi yang baku. . Pencapaian APK/APM/APS tingkat SD/SMP yang tinggi, Angka Putus Sekolah serta Angka Mengulang yang menurun. (2) Faktor Pendukung: komitmen dan dukungan seluruh pihak. Faktor Penghambat: keterbatasan SDM dan anggaran serta pemahaman masyarakat.
Kata kunci: Kebijakan Pendidikan, Partisipasi Masyarakat, Pendidikan Dasar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v5i3.5215

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik CounterĀ Web Analytics