IMPLEMENTASI PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) DALAM MENINGKATKAN KARAKTER PESERTA DIDIK SDN BRENGOSAN 2 NGAGLIK SLEMAN

Bayu Anggoro Putro, Uniiversitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dan mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat. Penelitian ini menggunakan kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan teknik analisis kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Implementasi GLS dilihat dari teori Edwards III: a) komunikasi melibatkan seluruh warga sekolah dan pihak eksternal secara konsisten; b) sumber daya manusia dalam pelaksanaannya sudah terampil, sumber daya anggaran masih menggunakan dana BOSP/BOSDA, sumber daya peralatan sudah dimanfaatkan dengan baik, sumber daya kewenangan telah terorganisir sesuai tugasnya; c) disposisi program ini mendapatkan peran, antusiasi, respon, dan dukungan dari berbagai pihak; d) struktur organisasi sesuai kewenangannya. 2). Praktiknya terdiri tahap pembiasaan, tahap pengembangan, dan tahap pembelajaran. 3) Faktor pendukung internal (visi, misi, dan tujuan sekolah serta eksternal (kerja sama, keterlibatan orang tua, dan mahasiswa). Faktor penghambat internal (biaya dan motivasi peserta didik yang fluktuatif) dan eksternal (lingkungan pergaulan).

 


Full Text:

PDF

References


Arrahim., Sugiharti, R.E., & Hanayulianti. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Quizizz Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar (SD). Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar (SD), 6 (2), 2579-3403.

Dafit, Febriana. (2017). Keefektifan Kemampuan Menulis Kreatif Siswa SD Dengan Model Pembelajaran Multiliterasi. Jurnal Media Neliti. 5 (1).

Friantary, H. (2019). Budaya Membaca Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Hidup Masyarakat. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1 (1), 66.

Kemendikbudristek. (2015). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2015 Tentang Pertumbuhan Budi Pekerti. Jakarta: Pusat Data dan Informasi Pendidikan.

Kemendikbudristek. (2022). Pusat Asesmen Pendidikan. Jakarta: Pusat Data dan Informasi Pendidikan.

Kemendikbudristek. (2022). Rapor Pendidikan Indonesia dan Hasil Assesmen Kompetensi Minimum (AKM) Nasional. Jakarta: Pusat Data dan Informasi Pendidikan.

Kemendikudristek. (2022). Peraturan Kementerian, Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi tentang Bantuan Operasional Pendidikan Pusat (BOSP). Diakses tanggal 27 Februari 2024 dari https://peraturan.bpk.go.id/Details/280985/permendikbudriset-no-63-tahun-2022.

Khasanah, N., Sukarno R., & Yustira O. (2018). Pengaruh Sumber Daya dan Disposisi Terhadap Keberhasilan Implementasi Kebijakan Program Keluarga Harapan (PKH) di Kecamatan Bandongan Kabupaten Magelang. Jurnal Mahasiswa Administrasi Negara, 2 (2), 1-10.

Lubis, I.A.R., Ramdan A.T.M., & Wiryany, D. (2022). Politik Digital: Manifestasi Komunikasi di Era Digital. Jurnal Lensa Mutiara Komunikasi, 6 (1), 193.

Murtadlo, Muhamad. (2021). Indeks Karakter Peserta Didik Menurun: Refleksi Pembelajaran Masa Pandemi. Jakarta: Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI. Diakses tanggal 15 Oktober https://balitbangdiklat.kemenag.go.id.

Pemerintah Kabupaten Sleman. (2022). Peraturan Bupati (PERBUP) Kabupaten Sleman Nomor 24 Tahun 2022 tentang Bantuan Operasional Sekolah Daerah. Sleman: Pusat Data dan Informasi.

Pratama, E. D., Mahardika, D. A., & Andreas, R. (2022). Peningkatan Literasi dan Kreativitas Siswa Melalui Kegiatan Mading di SDN 2 Binade. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar. 1 (3) 93-102.

Shohibah, Rizqiyatus. (2021). Peran Orang Tua dalam Mengembangkan Literasi pada Anak Usia Sekolah Dasar (SD). Jurnal Universitas Muhammadiyah Surakarta.http://publikasiilmiah.ums.ac.id.

Sudiana, I.N., Suandi., & Dewi N. P. (2020). Pengaruh Motivvasi Belajar, Sikap Bahasa, dan Kebiasaan Membaca Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia. 9 (1), 1-12

Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Edisi Kelima. CV. Bandung: Alfabeta.

Triwardhani, I.J., Trigartanti, W., Rachmawati, I., & Pratama, R. (2020). Strategi Guru Dalam Membangun Komunikasi dengan Orang Tua Siswa di Sekolah. Jurnal Kajian Komunikasi, 8 (1), 99-113.

Yanuarti, Eka. (2017). Pemikiran Pendidikan Ki Hajar Dewantara dan Relevenasinya Dengan Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian., 11 (2).




DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v13i4.22286

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Counter Web Analytics