EVALUASI PROGRAM KELAS KHUSUS OLAHRAGA (KKO) MENGGUNAKAN METODE CIPP DI SMP NEGERI 13 YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program Kelas Khusus Olahraga (KKO) di SMP Negeri 13 Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian evaluasi menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Model evaluasi model Context, Input, Process, and Product (CIPP) dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, penanggung jawab program, guru, pelatih, dan peserta didik. Analisis data menggunakan model interaktif milik Miles, Huberman, dan Saldana. Uji keabsahan data menggunakan metode triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukan program KKO dari evaluasi context:latar belakang dan dukungan dan keterlibatan berbagai pihak menunjukan kategori baik, dan masih memerlukan upaya penjabaran tujuan serta strategi program secara lebih kompleks; evaluasi input: atlet dan kebutuhan guru menunjukan kategori baik, dalam indikator pendanaan, pelatih, sarana dan prasarana menunjukan kategori cukup dan perlu pengadaan dalam indikator panduan penyelenggaraan KKO karena masih dalam kategori kurang; evaluasi process: pelaksanaan dan penilaian program menunjukan kategori baik dan terdapat hambatan program yang memerlukan upaya peningkatan; evaluasi product yaitu dalam kompetisi KKO, kompetisi tingkat daerah, dan kompetisi nasional menunjukan kategori baik namun perlu peningkatan dalam indikator prestasi akademik karena masih dalam kategori kurang.
Full Text:
PDFReferences
Ambiyar., & Muharika D. (2019). Metodologi Penelitian Evaluasi Program. Alfabeta.
Arikunto, S & Safruddin, A.J. (2014). Evaluasi program pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Ibrahim, M. M. (2018). Penelitian Evaluasi Bidang Pendidikan (Pendekatan Kualitatif). Makassar: Alauddin University Press.
Khodari, R. (2017). Evaluasi program pendidikan kelas khusus olahraga Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Sewon Bantul Yogyakarta. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 15(2), 124–132. DOI: https://doi.org/10. 20527/multilateral.v15i2.2740
Mahmudi, I. (2011). CIPP Suatu Mode Evaluasi Program Pendidikan. UNJ : Mahasiswa Program Doktor, 6(I).
Mardapi. D. (2012). Pengukuran Penilaian & Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta : Nuha Medika
Miles, M.B, Huberman, A.M, &Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Method Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press.
Moleong, J.L. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Papulova, Z. (2014). The Significance Of Vision And Mission Development For Enterprises In Slovak Republic. Journal Of Economics, Business And Management, 2(1), 12–16. DOI: https://doi.org/10.7763/joebm.2014.v2.90
Ramadhana, B., & Meitasari, I. (2023). Kajian Tingkat Pendidikan Terhadap Kualitas Hidup Masyarakat. Jurnal Penelitian Pendidikan, 8(2), 38-45.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tjilen, A. P. (2019). Konsep, Teori, dan Teknik Analisis Implementasi Kebijakan Publik. Bandung: Nusa Media.
Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Dewan Perwakilan Rakyat.
Undang-Undang RI Nomor 3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional. Jakarta: Dewan Perwakilan Rakyat.
Undang-Undang RI Nomor 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan. Jakarta: Dewan Perwakilan Rakyat.
DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v13i4.22204
Refbacks
- There are currently no refbacks.