Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka pada Program Studi Kebijakan Pendidikan UNY

Iqbal Rino Nur Mutaqin, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil implementasi kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) pada Prodi Kebijakan Pendidikan UNY serta faktor pendukung serta penghambatnya. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi yang dilaksanakan di Program Studi Kebijakan Pendidikan UNY. Subjek dalam penelitian yakni Kepala Departemen FSP, Koordinator MBKM Prodi, dosen, mitra MBKM, dan mahasiswa Prodi yang terlibat kegiatan MBKM. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa, (1) Implementasi Kurikulum MBKM yang terlaksana di Prodi Kebijakan Pendidikan menunjukkan keberhasilan, dilihat dari (a) perencanaan; (b) pelaksanaan yang mencakup aspek komunikasi, aspek sumber daya, aspek disposisi, dan aspek struktur birokrasi; serta (c) mekanisme evaluasi. (2) Faktor pendukung dan penghambat: (a) Faktor pendukung dalam penelitian ini yakni komitmen dan dukungan yang diberikan oleh masing-masing pihak sehingga komunikasi, sumber daya, disposisi, dan struktur birokrasi dapat dikategorikan baik; (b) Sedangkan faktor penghambat yakni munculnya berbagai pemahaman mengenai Kurikulum MBKM dikarenakan “merdeka belajar” pada seluruh pihak yang terlibat.

 

Kata kunci: implementasi, kurikulum, Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)


Full Text:

PDF

References


Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: CV. Syakir Media Press.

Abidin, Said, Zainal. (2004). Kebijakan Publik.Yayasan Panca Siwah, Jakarta.

Agustino, L. (2006). Dasar-dasar Kebijaksanaan Publik. Bandung: CV. Alfabeta.

Ainul, A., Martias, M., & Alwi, E. (2014). Hubungan Minat Siswa Masuk Perguruan Tinggi dengan Hasil Belajar Siswa Kelas XII pada Mata Diklat Produktif Program Studi Teknik Kendaraan Ringan di Smk N 1 Tanjuang Baru Kabupaten Tanah Datar. Automotive Engineering Education Journals, 3(3).

Anggara., S. (2014). Kebijakan Publik. Bandung: Pustaka Setia.

Arikunto. (2011). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arwildayanto. Dkk. (2018). Analisis Kebijakan Pendidikan: Kajian Teoritis, Eksploratif, dan Adaptif. Bandung: Pustaka Setia.

Asiah, N. (2021). Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (Studi Pada Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Makassar) (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar).

Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Fokus: Model MBKM Program Studi). Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 4(1), 195–205. https://e-journal.my.id/jsgp/article/view/591

Bahri, S. (2017). Pengembangan Kurikulum Dasar Dan Tujuannya. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 11(1), 15-34.

Dardjowidjojo. (1991). Pedoman Pendidikan Tinggi. Jakarta, Grasindo.

Dirjen Dikti Kemendikbud. (2020). Buku Panduan Pelayanan Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka.

Dirjen Dikti Kemendikbud. (2020). Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi di Era Industri 4.0 untuk Mendukung Merdeka Belajar – Kampus Merdeka.

Edward, George. C.1980. Implementing Public Policy. Washington D.C: Congressional Quarterly Inc.

Fatmawati, E. (2020). Dukungan Perpustakaan Dalam Implementasi “Kampus Merdeka Dan Merdeka Belajar.” Jurnal Pustaka Ilmiah, 6(2), 1076–1087. https://doi.org/10.20961/jpi.v6i2.46682

Gaffar, A. 2009. Politik Indonesia: Transisi Menuju Demokrasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hadi, S. (2008). Pendidikan (suatu Pengantar). Surakarta: Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP) UNS dan UPT Penerbitan dan Percetakan UNS (UNS Press).

Hamalik, O. (2001). Kurikulum dan pembelajaran. Bandung: Bumi Aksara.

Insani, F. D. (2019). Sejarah Perkembangan Kurikulum di Indonesia Sejak Awal Kemerdekaan Hingga Saat Ini. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan, 8(1), 43–64. Https://doi.org/10.51226/Assalam.V8i1.132

Kartowagiran, Badrun. (2013). Evaluasi Dan Pengembangan Kurikulum. Workshop Evaluasi Kurikulum Stab N Raden Wijaya, 1–11.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Peraturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3 Tahun 2020, tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

Kholik, A., Bisri, H., Lathifah, Z. K., Kartakusumah, B., Maufur, M., & Prasetyo, T. 2022. Impelementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Berdasarkan Persepsi Dosen dan Mahasiswa. Jurnal Basicedu, 6(1), 738-748.

Masykur, R. (2019). Teori dan Telaah Pengembangan Kurikulum. In Aura.

Mazmanian, D, H., Sabatier, P. A. (1986), Implementation and Public Policy, New York, Harper Collins.

Miles, M.B, Huberman, A.M, & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press.

Moleong, L., J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revi, P. 410).

Muhsin, H. (2021). Kampus Merdeka Di Era New Normal. Dalam: A. Muslihat dkk. Masa Depan Kampus Merdeka & Merdeka Belajar: Sebuah Bunga Rampai Dosen. 143. Bintang Visitama Publisher.

Puspitasari, R., & Nugroho, R. (2021). Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka FISIP UPN Veteran Jawa Timur. Dinamika Governance: Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 11(2), 276-292.

Rahmadi. (2011). Pengantar Metodologi Penelitian. Banjarmasin: Antasari Press.

Ramdhani, A., dan Ramdhani, M. A. (2017). Konsep Umum Pelaksanaan Kebijakan Publik. Jurnal Publik, 11(1).

Republik Indonesia. (2012). Undang-Undang RI Nomor 12, Tahun 2012, tentang Sistem Pendidikan Tinggi.

Ripley (1986). Policy Implementation and Bureaucracy, second edition. the Dorsey Press, ChicagoIllionis, 15.

Rodiyah, Rodiyah. 2021. Implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Era Digital dalam Menciptakan Karakter Mahasiswa Hukum Yang Berkarakter dan Profesional. Seminar Nasional Hukum Universitas Negeri Semarang, 7:425–34.

Sopiansyah, D., Masruroh, S., Zaqiah, Q. Y., & Erihadiana, M. (2022). Konsep dan Implementasi Kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(1), 34-41.

Subarsono. (2011). Analisis Kebijakan Publik “Konsep, Teori, dan Aplikasi”. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan:(Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2020), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N.S. (2017). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktik. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sumarsih, I., Marliyani, T., Hadiyansah, Y., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Analisis implementasi kurikulum merdeka di sekolah penggerak sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8248-8258.

Supriyati. (2015). Metodelogi Penelitian. Bandung: Labkat Press.

Tim Kurikulum dan Pembelajaran. (2014). Buku Kurikulum Pendidikan Tinggi. Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiwaan, Kemendikbud.

Universitas Negeri Yogyakarta. (2020). Panduan Pelaksanaan Pembelajaran di Luar Program Studi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MB-KM).

Wardhani, G. A. P. K., Susanty, D., Oksari, A. A., Nurhayati, L., Nuranzani, A., & Faridha, F. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Di Program Studi Kimia Universitas Nusa Bangsa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 5(1), 53-59.

Wibawa, Samodra. 1994. Kebijakan Publik Proses dan Analisis. Jakarta: Intermedia.

Wijayanto, A. (2021). Implementasi dan Problematika Merdeka Belajar. OSF Preprints. https://doi.org/10.31219/osf.io/yshk6

Winarno, B. (2008). Kebijakan Publik: Teori dan Proses. Yogyakarta: Media Pressindo.

Zulkarnain, I., & Farhan, M. (2020). Pengaruh Waktu Belajar Terhadap Kemampuan Koneksi Matematika Dengan Mengontrol Kemampuan Awal. Jurnal Pijar Mipa, 15(2), 145-150.




DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v14i1.21990

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Counter Web Analytics