Implementasi Kebijakan Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Banguntapan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tahap implementasi kebijakan Sekolah Siaga Kependudukan di SMA N 1 Banguntapan, implementasi dari segi komunikasi, sumber daya, disposisi, dan struktur birokrasi, serta faktor pendukung dan penghambat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles, Huberman dan Saldana meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 3 tahap implementasi yaitu tahap interpretasi, pengorganisasian dan aplikasi. Dalam proses implementasi komunikasi terjalin dua arah, sumber daya manusia kompeten, koordinasi lancar dan struktur birokrasi efisien. Faktor pendukung yaitu dukungan lebih dari guru dan fasilitas yang bagus. Faktor Penghambat yaitu terbatasnya anggaran sekolah, mahalnya biaya pengadaan fasilitas, serta kendala dalam mengintegrasikan materi kependudukan ke materi pelajaran.
Kata Kunci : Sekolah Siaga Kependudukan, Implementasi Kebijakan, Pendidikan Formal
Full Text:
PDFReferences
Daftar Pustaka
Abdiyah, A., Hartanti, F. I., & Sulistyorini, Y. (2020). Implementation Analysis Of Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) In East Java 2019. Jurnal Biometrika Dan Kependudukan, 9(2), 137-145.
Awwaluddin, A. M., & Sadewo, F. S. (2021). Analisa Kebijakan Pendidikan Kependudukan: Sekolah Siaga Kependudukan Talcott Parssons. Jurnal Ilmiah Muqoddimah: Jurnal Ilmu Sosial, Politik DanHummanioramaniora, 5(1), 181-191.
Aini, S., & Sahono, B. Implementasi Program Sekolah Siaga Kependudukan dalam Pembelajar.
Aini, S., & Sahono, B. (2019). Implementation Of School Programs At Population In Learning (Case Study in South Bengkulu 1 High School). Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 9(1), 12-21
Aritonang, W. (2022). Pengaruh Bonus Demografi dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia Kajian dalam Perspektif Ekonomi Syariah (Doctoral dissertation, UIN Ar- Raniry).
Ansori, M. (2020). Dimensi HAM dalam Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003. Iaifa Press.
Aini, S. (2022). Implementasi Program Sekolah Siaga Kependudukan (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Bengkulu Selatan). Professional: Jurnal Komunikasi dan Administrasi Publik, 9(1), 65-70.
Bidaya, Z., & Dari, S. M. (2020). Revolusi Mental Melalui Penguatan Pendidikan Karakter untuk Siswa Berkebutuhan Khusus di Kota Mataram. CIVICUS: Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 8(2), 51-60.
Bakry, A. (2010). Kebijakan pendidikan sebagai kebijakan publik. Jurnal Medtek, 2(1), 1-13. Madjid, A. (2018). Analisis Kebijakan Pendidikan. Samudra Biru.
Djuanda, I. (2020). Implementasi evaluasi program pendidikan karakter model cipp (context, input, process dan output). Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu dan Budaya Islam, 3(01), 37-53.
Fajri, W. A., Sugiyono, S., & Burhanudin, A. (2020). Identifikasi Kesiapan Pembentukan Sekolah Siaga Kependudukan di Sekolah Dasar Wilayah Kecamatan Pringkuku. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 12-19.
Hermawan, I. (2019). Analisis Pengaruh Bonus Demografi Terhadap Pertumbuhan Ekonomi. Jurnal Aktiva: Riset Akuntansi Dan Keuangan, 1(2), 32-48.
Indraswari, R. R., & Yuhan, R. J. (2017). Jurnal Kependudukan Indonesia. Jurnal Kependudukan Indonesia| Vol, 12(1), 1-12.
Kartikasari, Y., & Hidayah, N. (2021). Implementasi Program Siaga Kependudukan Pada SMAN 1 Ngaglik Sleman. Dimensia: Jurnal Kajian Sosiologi, 10(2), 174-190.
Khairunnisa, S., & Nurwati, N. (2021). Pengaruh Pernikahan Pada Usia Dini Terhadap Peluang Bonus Demografi Tahun 2030: Pengaruh Pernikahan Pada Usia Dini Terhadap Peluang Bonus Demografi Tahun 2030. Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial Humanitas, 3(I), 45-69.
Lubis, B., & Mulianingsih, S. (2019). Keterkaitan bonus demografi dengan teori generasi. Jurnal Registratie, 21-36.
DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v14i1.21830
Refbacks
- There are currently no refbacks.