IMPLEMENTASI PROGRAM PESAT BAGI SISWA SMP OLEH DINAS PENDIDIKAN KOTA YOGYAKARTA

Nisa Sumayyah Aulia, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi program Personal Ability Test (PESAT) yaitu progran yang bertujuan untuk melakukan asesmen diagnostik masing-masing peserta didik terkait dengan kemampuan, potensi akademik, dan kondisi potensi psikologis peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Analisis data dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Fokus penelitian ini diambil berdasarkan model implementasi kebijakan yang dikemukakan oleh model George C. Edward III. 4 (empat) variabel yakni komunikasi, sumberdaya, disposisi, dan struktur birokrasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa implementasi program PESAT bagi siswa SMP oleh Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta sudah berjalan maksimal. Hal tersebut dilihat dari aspek komunikasi yaitu informasitersampaikan dengan baik. Sumber daya manusia dan non manusia yang telah terpenuhi. Disposisi setiap pelaksana PESAT baik. Selain itu, pada aspek struktur birokrasi setiap lembaga yang terlibat yaitu Dinas Pendidikan, Halobakat, dan sekolah memiliki tim tersendiri dalam pelaksanaan PESAT.

Kata Kunci : Implementasi, Program PESAT, Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta


Full Text:

PDF

References


Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Dunn, N. William, 1999, Analisis Kebijakan (terjemahan), Yogyakarta : Gajahmada University Press.

Edward III. George C. 1980. Implementing Poblic Policy.Washinton : Congressional Quarterly Inc.

Nugroho, D Riant. 2008. Kebijakan Publik: Formulasi, Implementasi, dan Evaluasi. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Nasrun Harahap dkk, 2002 Teknik Penilaian Hasil Belajar, Jakarta, Bulan Bintang.

Purwanto, Ngalim. (2006). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rohman, A. (2009). Masalah pembelajaran dan upaya pencarian solusi melalui klinik. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 5(1).

Sanjaya, Wina. 2014. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana. h. 147.

Sanjaya, W. (2014). Pendekatan, Model Dan Strategi, dalam Model Pembelajaran. Jakarta : Kencana Prenada Media Group, 3(April), 49–58.

Setyawati, A. (2012). Implementasi Program Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Di Kabupaten Purworejo (Studi Tentang Implementasi Paud Non Formal).

Sudjana. 2000. Pendidikan Luar Sekolah. Bandung: Falah Production.

Sudjana. 2004. Manajemen Program Pendidikan Untuk Pendidikan Non Formal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Falah Production.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tayibnafis, Yusuf. Faridah. (2000). Evaluasi Program. Jakarta : Rineka Cipta.

Tjilen, A. P. (2019). Konsep, Teori, dan Teknik Analisis Implementasi Kebijakan Publik . Bandung : Penerbit Nusa Media .

Wahab, Solichin. 2010. Analisis Kebijaksaan dari Formulasi ke Implementasi Kebijaksanaan Negara. Jakarta : Bumi Aksara.

Winarno, Budi. 2007. Kebijakan Publik Teori dan Proses. Yogyakarta : Media Pressindo.




DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v13i2.21701

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Counter Web Analytics