POLA PENDAMPINGAN ORANG TUA SELAMA PEMBELAJARAN JARAK JAUH SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Tujuan penelitian ini mendeskripsikan pola pendampingan orang tua selama pembelajaran jarak jauh jenjang Sekolah Dasar (SD) ditinjau dari sosial-ekonomi orang tua di Dukuh Entak Desa Kedungpuji. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitif deskriptif. Subjek penelitian yaitu orang tua yang memiliki anak jenjang SD, Siswa SD, dan Dinas Pendidikan Kabupaten Kebumen. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data dengan model interaktif. Keabsahan data diuji dengan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Dinas Pendidikan telah memiliki teknis pembelajaran jarak jauh, namun tidak ada program pelibatan orang tua; 2) Peran pendampingan orang tua sangat dibutuhkan khususnya bagi siswa SD selama pembelajaran jarak jauh; 3) Terdapat perbedaan bentuk pendampingan orang tua dipengaruhi tingkat sosial-ekonomi sehingga menimbulkan pola peran pendampingan yang berbeda. Pola pendampingan orang tua dari tingkat sosial-ekonomi atas cenderung menjadi fasilitator dan motivator, pada tingkat sosial-ekonomi menengah orang tua cenderung berperan sebagai guru dan motivator, sedangkan pada tingkat sosial-ekonomi bawah orang tua menunjukkan peran sebagai sebagai motivator.
Kata kunci: Pembelajaran Jarak Jauh, Pola Pendampingan, Sekolah Dasar
Full Text:
PDFReferences
Cahyati, N., & Kusumah, R. (2020). Peran orang tua dalam menerapkan pembelajaran di rumah saat pandemi Covid 19. Jurnal golden age, 4(01), 152-159.
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61.
Kemdikbud. (2020, Mei 29). Kemendikbud Terbitkan Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah. Retrieved from Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/05/kemendikbud-terbitkan- pedoman-penyelenggaraan-belajar-dari-rumah.
Kemendikbud. (2020). Retrieved from https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/mendikbud-terbitkan-se-tentang-pelaksanaan-pendidikan-dalam-masa-darurat-covid19.
Khalimah, S. N. (2020). Peran Orang Tua Dalam Pembelajaran Daring Di Mi Darul Ulum Pedurungan Kota Semarang Tahun Pelajaran 2020/2021.
Kusumaningrum, B., & Wijayanto, Z. (2020). Apakah pembelajaran matematika secara daring efektif?(studi kasus pada pembelajaran selama masa pandemi covid-19). Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(2), 136-142.
Kusumaningrum, B., Kuncoro, K. S., & Arigiyati, T. A. (2020). Pendampingan Orangtua Dalam Pembelajaran Daring Di Sekolah dasar. INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah dasar, 4(2), 142-150.
Lestari, W. P. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsumsi Rumah Tangga PNS Guru SD Di Kecamatan Kotaanyar Kabupaten Probolinggo. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 4(2).
Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Hyun, C. C., Wijayanti, L. M., & Putri, R. S. (2020). Studi eksploratif dampak pandemi COVID-19 terhadap proses pembelajaran online di sekolah dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1-12.
Puspitawati, H. (2010). Pengaruh Karakteristik Sosial Ekonomi Keluarga Terhadap Pola Asuh Belajar Siswa Sekolah dasar Dan Menengah Pertama. Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen, 3(1), 46-55.
Save The Child.( 2020). Ringkasan Hasil Survei Penilaian Cepat Kebutuhan Dampak Covid-19. Retrieved from http://stoppneumonia.id/wpcontent/ uploads/2020/05/ringkasan-laporan-penilaian-cepat.pdf
DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v13i2.21636
Refbacks
- There are currently no refbacks.