RABU ANJAWANI: SEBUAH KEBIJAKAN DALAM MENGINTERNALISASI DAN MENGAKTUALISASI NILAI-NILAI KEBUDAYAAN JAWA
Abstract
Tujuan penelitian ini yakni: 1) mengetahui proses internalisasi dan aktualisasi nilai-nilai budaya lokal; 2) nilai-nilai budaya lokal yang ditanamkan kepada peserta didik; serta 3) tantangan dalam melaksanakan kebijakan Rabu Anjawani. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan serta bidang kurikulum. Hasil penelitian menunjukkan: 1) proses internalisasi dan aktualisasi dilakukan dengan metode sosialisasi serta pengenalan nilai-nilai budaya lokal terutama budaya Jawa, seperti penggunaan bahasa Jawa dalam proses pembelajaran maupun diluar proses pembelajaran dan penggunaan pakaian yang mengandung adat kebudayaan Jawa; 2) nilai-nilai yang ditanamkan seperti nilai andhap asor, nilai tepo seliro, nilai grapyak semanak, nilai ewuh, nilai pangerten serta nilai cinta budaya lokal; 3) hambatan yang ditemukan yakni tidak adanya slogan dalam bahasa Jawa atau huruf aksara hanacaraka serta tidak dilaksanakannya pertunjukkan seni kebudayaan Jawa seperti wayang, ludruk atau kesenian Jawa lainnya, sehingga dari perspektif seni implementasi kebijakan Rabu Anjawani dianggap kurang berjalan maksimal.
Kata kunci: Kebijakan, Internalisasi, Aktualisasi, Nilai Budaya Lokal
Full Text:
PDFReferences
Anggrayni, Novi Trisna. (2016). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Budaya Jawa. Seminar Nasional PGSD Universitas PGRI Yogyakarta. http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1253
Battistich, Victor. (2005). Character Education, Prevention, and Positive Youth Development. Washington: The Character Education Partnership.
Creswell, J. W. (2009). Research design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Sage Publications.
Fahmy, Rahmi., Nasri, Bachtiar., Rida, Rahim., & Melini, Malik. (2015). Measuring Student Perceptions to Personal Characters Building in Education: An Indonesian Case in Implementing New Curriculum in High School. Procedia: Social and Behavioral Sciences, 211, 851-858. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.11.112
Firmansyah, Haris., Henda, Sulistiawan., & Marisah. (2021). Internalisasi Nilai-nilai Kearifan Lokal Tradisi Robo-robo di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 9-16. http://journal.umpalangkaraya.ac.id/index.php/tunas
Ghofar, M.A., Ika, R.S., & Devi, W.E. (2020). Internalisasi Dan Aktualisasi Nilai-Nilai Keagamaan Di Madrasah Ibtidaiyah Al-Fattah Mojolangu Kota Malang. Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 2(4), 35-38. https://jim.unisma.ac.id/index.php/JPMI/article/view/7806/6323
Hendayani, Meti. (2019). Problematika Pengembangan Karakter Peserta Didik di Era 4.0. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 183-198. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.368
Irsan., Andi, L.N., Suarti., Gawise., & Wa Ode, L.A. (2022). Internalisasi dan Aktualisasi Nilai-Nilai Karakter Berbasis Budaya Lokal di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 10197-10206. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4558
Iswatiningsih, Daraoe. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal. Jurnal Satwika, 3(2), 155-164. https://doi.org/10.22219/satwika.v3i2.10244
Karimah, Nurrotul. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Keluarga Melalui Nilai-nilai Budaya Jawa di Desa Pengkok Kecamatan Kedawung Kabupaten Sragen Tahun 2016. Jurnal Global Citizen, 1(1), 29-36. https://doi.org/10.33061/glcz.v1i1.1344
Lestari, Rini. (2016). Transmisi Nilai Prososial pada Remaja Jawa. Jurnal Ilmiah Psikologi, 1(2), 33-44. https://doi.org/10.23917/indigenous.v1i1.3043
Listiana, Yhesa Rooselia. (2021). Dampak Globalisasi Terhadap Karakter Peserta Didik dan Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1544-1550. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1134
Maisyaroh., Sri. U., Tutur. C., Dedi. P., Endrik, M.Y., Maulana, A.A., Bagus, R.S., & Nova, S.A. (2021). Strategi Pembinaan Peserta Didik dalam Rangka Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Nilai Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 4(2), 171-177. http://dx.doi.org/10.17977/um027v4i12021p171
Martens, Rainer. (2012). Successful Coaching 4th Edition. United States: Human Kinetics.
Miles, M. B., dan Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. Sage Publications.
Mislikhah, Siti. (2020). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal di MIN 3 Jember. Falasifa: Jurnal Studi Keislaman, 11(2), 17-34. http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5357
Muktapa, Muh Irfhan. (2021). Implikasi Filsafat Ilmu dan Etika Keilmuan dalam Pengembangan Ilmu Pengetahuan Modern. Jurnal Belaindika: Pembelajaran dan Inovasi Pendidikan, 3(2), 20-29. https://doi.org/10.52005/belaindika.v3i2.73
Mulati, Yeni. (2022). Peran Orang Tua dalam Mencegah Perilaku Menyimpang Pada Anak dengan Penguatan Karakter dan Optimalisasi Peserta Didik. Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan, 15(2), 135-144. http://dx.doi.org/10.24832/jpkp.v15i2.632
Musfah, Jejen. (2018). Analisis Kebijakan Pendidikan Mengurai Krisis Karakter Bangsa. Jakarta: Kencana
Suryadin, Asyraf. (2020). Pola Pendidikan Karakter dalam Mengatasi Kenakalan Remaja di Kabupaten Bangka Barat. Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan, 13(1), 1-14. http://doi.org/10.24832/jpkp.v13i1.362
Susilo, Muhammad Joko. (2016). Strategi Menciptakan Budaya Sekolah yang Kondusif Melalui Paradigma Sekolah-sekolah Unggul Muhammadiyah. Prosiding Symbion, 567-576. http://symbion.pbio.uad.ac.id/prosiding/prosiding/ID_360_Muh%20Joko%20Susilo_Hal%20567-576.pdf
Syafruddin, Ni, M.N.S., & Nursaptini. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal pada anak di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkelanjutan, 6(4). https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i4.11218
Wibawa, Sutrisna. (2007). Implementasi Pembelajaran Bahasa Daerah Sebagai Muatan Lokal. Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa dan Sastra Daerah dalam Kerangka Budaya, 8-15. https://ikadbudi.uny.ac.id/sites/ikadbudi.uny.ac.id/files/lampiran/
Widyaningsih, T. S., Zamroni & Zuchdi, D. (2014). Internalisasi dan Aktualisasi Nilai-Nilai Karakter pada Siswa SMP dalam Perspektif Fenomenologis. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 2(2), pp. 181–194. https://doi.org/10.21831/jppfa.v2i2.2658
DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v13i1.20854
Refbacks
- There are currently no refbacks.