OPTIMALISASI SISTEM PENDIDIKAN MELALUI IMPLEMENTASI KEBIJAKAN ASESMEN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER DALAM PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN
Raden Bambang Sumarsono, Universitas Negeri Malang, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) implementasi kebijakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK); (2) kontribusi kebijakan ANBK dalam meningkatkan kualitas pendidikan; serta (3) evaluasi dan rekomendasi dalam penerapan kebijakan ANBK. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di salah satu sekolah swasta di Kabupaten Mojokerto. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) dalam melaksanakan ANBK sekolah menggunakan moda semi online. Sebelum pelaksanaan ANBK sekolah menyelenggarakan sesi pelatihan bagi siswa untuk memahami tata cara penggunaan platform ujian online dan mempersiapkan siswa terhadap jenis soal literasi dan numerasi; (2) kebijakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) memberikan kontribusi yang positif dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Namun pemerintah perlu memaksimalkan pelaksanaannya karena masih terdapat kekurangan informasi di berbagai sekolah mengenai hasil tindak lanjut dari kebijakan ANBK; (3) pelaksanaan ANBK perlu dilakukan evaluasi dan rekomendasi terkait insfrasturktur dan teknologi, sosialisasi mengenai hasil tindak lanjut dari rapor pendidikan, perumusan indikator dalam penentuan sampel siswa, peningkatan motivasi siswa, serta penyelarasan antara kurikulum pembelajaran dan materi yang diujikan dalam ANBK.
Kata kunci: Optimalisasi sistem pendidikan, kebijakan ANBK, kualitas pendidikan
Full Text:
PDFReferences
Aditana, S., & Alqadri, B. (2023). Efektivitas Asesmen Nasional Berbasis Komputer dalam Mengevaluasi Kompetensi Siswa di SMPN 1 Pemenang. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 3517-3529. Dari https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/8303
Arsil, A., Yantoro, Y., & Sari, R. (2018). Analisis Iklim Sekolah dalam Mendukung Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(1), 39-56. Dari https://mail. online-journal.unja.ac.id/gentala/ article/view/6753
Miles, M.B., Huberman, A.M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications.
Chamisijatin, L., Pantiwati, Y., & Zaenab, S. (2022). Pendampingan Peningkatan Mutu Satuan Pendidikan Melalui Penyusunan Tiga Instrumen Utama di SMP Muhammadiyah 02 Kota Batu. Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 4(2), 249-260. https://journal-center. litpam.com/index.php/Sasambo_Abdimas/article/view/673
Fauzia, E.N. (2018). Penerapan Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa SMP Negeri 8 Yogyakarta. Pend. Bahasa Dan Sastra Indonesia-S1, 7(5), 515-525. Dari https://journal.student.uny. ac.id/index.php/pbsi/article/view/11553
Gofur, A. (2023). Problematika Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Sekolah di Kabupaten Seruyan. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 13(1), 1-9. Dari https://jurnal.iain-bone.ac.id/index. php/adara/article/view/3828
Hartatik, S. & Nafiah. (2020). Kemampuan Numerasi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Education and Human Development Journal, 5 (1), 32-42. Dari http:// repository.unusa.ac.id/id/eprint/6612
Huda, A., Rahmawati, D., Pratiwi, E.I.T., Chusna, F.H., Ma'ruf, F.A., Huda, H.N., Lutfiah, I.N., Cahya, K.F.N., Loka, L.L., Rijalulloh, M., & Rofi'i, R.R. (2022). Simulasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer dalam Upaya Peningkatan Pengetahuan dan Pemahaman Siswa Kelas V SDN Tumpakkepuh 02. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Nusantara (JPPNu), 4(1), 37-45. Dari http://www.journal.unublitar.ac.id/jppnu/index.php/jppnu/article/view/75.
Indahwati, R., Hafsi, A.R., & Jannah, U.R. (2023). Analisis Delta Rapor Pendidikan dan Penyusunan ARKAS pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 10-18. Dari http://36.88.105.228/ index.php/ngabdimas_unira/article/view/2139.
Manguni, D.W. (2022). Analisis Pengelolaan Sarana Prasarana Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Tahun 2021 di SD Negeri Sukomulyo Sleman. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 22(1), 19-28. Dari https://doi.org/10.30651/ didaktis.v22i1.11717
Mania, S. (2013). Implementasi Pendidikan Multikultural dalam Pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 13(1), 78-91. Dari https://journal3.uin-alauddin .ac.id/index.php/lentera_pendidikan/article/view/3811
Nur’ainah, Muazza, & Rahman, K.A. (2022). Persepsi Guru tentang Implementasi Asesmen Nasional sebagai Alat Evaluasi Sistem Pendidikan Di MIN Batanghari. MANAZHIM: Jurnal Manajemen dan Ilmu Pendidikan, 4(2), 411-426. Dari https://ejournal.stitpn. ac.id/index.php/manazhim/article/view/1860
Rahmawati, K., Nurhidayah, A.B., Syaharani, N.A., Malaikosa, Y. M. L., & Permata, S.D. (2021). Implementasi ANBK terhadap Kesiapan Mental Peserta Didik. Education and Learning of Elementary School, 2(01), 1-8. Dari https://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/ELES/article/view/412/193
Samsir, H.M. (2022). Teori Pemodelan Bandura. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(7), 3067-3080. Dari https://journal.formosapublisher.org/index.php/mudima/article/view/692
Setiyowati, H., Suryati, E., & Rina, R. (2022). Analisis Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Di Madrasah Ibtidayah Negeri 9 Hulu Sungai Utara. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 803-818. Dari https://jurnal.stiq-amuntai.ac.id/index.php/al-madrasah/article/view/1086
Suparlan, S. (2019). Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran. Islamika, 1(2), 79-88. Dari https://ejournal.stitpn.ac. id/index.php/islamika/article/view/208
Syaifuddin, A. (2022). Komunikasi Simpang Siur pada Asesmen Nasional: Kasus Literasi dan Numerasi di Tingkat Dasar. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 1(12), 2011-2020. Dari https://bajangjournal.com/ index.php/JOEL/article/view/2764
Teresia, W. (2021). Asesmen Nasional 2021. Guepedia.
Triatmaja, B., Ratri, A.K., & Misprihatin, M. (2022). Analisis Dampak Penghapusan Ujian Nasional pada Motivasi Belajar Siswa Kelas 6 di SDN 2 Podorejo. TANGGAP: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Dasar, 2(2), 122-128. Dari https://jurnal.stkippgritreng galek.ac.id/inde
DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v13i1.20802