KULTUR SEKOLAH EFEKTIF DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kultur sekolah efektif di SMK Negeri 2 Yogyakarta dan mengidentifikasi program dan kegiatan di SMK Negeri 2 Yogyakarta dalam mendukung kultur sekolah efektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subyek dalam penelitian ini terdiri atas kepala sekolah, guru dan karyawan, dan siswa SMK Negeri 2 Yogyakarta. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data dengan teknik analisis Miles, Huberman, dan Saldana. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan sebagai berikut : (1) Gambaran kultur sekolah efektif di SMK Negeri 2 Yogyakarta digambarkan dengan keadaan kultur sekolah yang positif dan usaha sekolah dalam mendorong siswa untuk berkembang secara baik. (2) Program dan kegiatan yang dilakukan untuk mendukung kultur sekolah efektif di SMK Negeri 2 Yogyakarta didukung dengan adanya program dan kegiatan untuk mendukung belajar siswa di SMK Negeri 2 Yogyakarta.
Kata kunci: Kultur Sekolah, Sekolah Efektif, Program dan Kegiatan
Full Text:
PDFReferences
Badan Pusat Statistik. (2022). Tingkat Pengangguran Terbuka Berdasarkan Tingkat Pendidikan 2020-2022. Diakses pada tanggal 6 Januari 2023 dari https://www.bps.go.id/indicator/6/1179/1/tingkat-pengangguran-terbuka-berdasarkan-tingkat-pendidikan.html.
Deal, T. E. & Peterson, K. D. (2002). The Shaping School Culture Fieldbook. San Franscisco: Jossey-Bass Publishers.
Diani, M. N. (2017). Kultur Sekolah Dalam Mengembangkan Good School (Sekolah Efektif) di SMA Negeri 3 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Sosiologi, 1(1), 1–13.
Direktorat Jenderal SMK Kemendikbudristek. (2022). Data Pokok Sekolah Menengah Kejuruan di Indonesia. Diakses pada tanggal 29 Desember 2022 dari https://datapokok.ditpsmk.net.
Disas, E. P. (2018). Link and Match sebagai Kebijakan Pendidikan Kejuruan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(2), 231–242. https://doi.org/10.17509/jpp.v18i2.12965
Efianingrum, A. (2008). Kultur Sekolah Untuk Mengembangkan Good School. Makalah Pengabdian Pada Masyarakat. Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.
____________. (2013). Kultur Sekolah. Jurnal Pemikiran Sosiologi, 2(1), 19.
Hanum, F. (2013). Sosiologi Pendidikan. Yogyakarta: Kanwa Publisher.
Hargreaves, D. H. (1995). School Culture, School Effectiveness and School Improvement. School effectiveness and school improvement, 6(1), 23-46.
Miles, H., & Huberman, A. & Saldana. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. New York: SAGE Publication.
Prasetya, A. P. (2016). Peran Komite Sekolah dalam Mewujudkan Sekolah Efektif di SMA Negeri 2 Wonogiri. Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan, 5(6), 592–600.
Stolp. S, & Smith, S. C. (1995). Transforming School Culture. Oregon: University of Oregon.
Suking, A. (2013). Manajemen Kesiswaan Pada Sekolah Efektif (Studi Multi Kasus di MAN Insan Cendekia, SMA Terpadu Wira Bhakti, dan SMA Negeri 3 Gorontalo). Disertasi Doktor. Universitas Negeri Gorontalo, Gorontalo.
Supardi. (2013). Sekolah Efektif: Konsep Dasar dan Praktiknya. Jakarta: Rajawali Press.
Suyanta, Dwiningrum, S. I. A., Hajaroh, M., & Respati, D. (2020). Studi Kebijakan Pendidikan : Analisis Standar Pendidik di Kabupaten Temanggung. Bhumiphala : Jurnal Pengembangan Daerah, 1(1), 25–35.
Tola, B. & Furqon. (2004). Penilaian Sekolah Efektif. Diambil dari http.//depdiknas.go.id/jurnal/44/html
DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v12i3.19500
Refbacks
- There are currently no refbacks.