ASPIRASI DAN STRATEGI KELUARGA PETANI DALAM PENDIDIKAN ANAK DI DESA KENOTAN, ADONARA TENGAH, FLORES TIMUR

Yohanes Bosco Mawar, , Indonesia

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aspirasi dan strategi keluarga petani dalam memenuhi kebutuhan pendidikan anak di Desa Kenotan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah keluarga petani (orang tua dan anak-anak mereka). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif Milies, Huberman, dan Saldana, yakni kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Keluarga petani di Desa Kenotan memandang pendidikan sebagai sesuatu yang sangat penting, sehingga mereka bercita-cita agar semua anaknya dapat memperoleh pendidikan hingga jenjang pendidikan tinggi; (2) Harapan orang tua terhadap anak-anak, yakni: dapat menyelesaikan studi, dapat memperoleh pekerjaan yang layak, memiliki masa depan lebih baik, serta bermanfaat bagi keluarga dan kampung halaman; (3) Orang tua petani di Desa Kenotan mengusahakan berbagai cara untuk mewujudkan cita-cita dan harapan mereka, yakni dengan memberi pemahaman dan motivasi kepada anak, mengatur jam belajar anak di rumah, serta berusaha untuk memenuhi kebutuhan pendidikan anak-anak; (4) strategi yang dilakukan oleh orang tua dalam memenuhi kebutuhan pendidikan, yakni merantau menjadi pembantu rumah tangga (PRT) di luar negeri, optimalisasi lahan perkebunan, mengusahakan pekerjaan tambahan; dan berhutang; (5) hambatan dalam penerapan strategi, yaitu harga komoditas pertanian yang sangat rendah dan perlakuan yang sewenang-wenang majikan terhadap pembantu rumah tangga (PRT) di luar negeri.

Kata Kunci: aspirasi, strategi, keluarga, pendidikan anak

Abstract

This research was aimed to describe the aspiration and strategy of farmers' families in fulfilling children's education in Kenotan Village. This is a descriptive qualitative research. The subjects of this research were farmer families (parents and children). The data gathering techniques applied were observation, interview, and documentation. The data analysis technique implemented was an interactive model by Miles, Huberman, Saldana about data condensation, data presentation, conclusion arrangement. A data validity check was done using source and technique triangulation. The result of this research showed: (1) Farmer families see education as something very important, so they aspire that all their children can go to school until they get high education; (2) Parents' hopes for their children, namely: complete their studies, get good work, have a better future, and are beneficial to the family and hometown; (3) Farmer parents try various ways to realize their ideas and hopes, namely: giving an understanding and motivating, managing children's learning hours, trying to fulfill the educational needs of children; (4) The strategies undertaken by parents in meeting their educational needs, namely: migrating to become domestic helper in overseas, optimizing plantation land, seeking additional work; and is indebted to family members/tribes; (5) The obstacles in implementing the strategy are: very low agricultural commodity prices and the employer's arbitrary treatment of domestic helpers in overseas.

Keywords: aspiration, strategy, family, children's education


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v8i4.15868

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik CounterĀ Web Analytics