IMPLEMENTASI PROGRAM KEMITRAAN SEKOLAH DENGAN DUNIA USAHA DI SMK NEGERI 2 DEPOK
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan mengenai implementasi program kemitraan sekolah dengan dunia usaha, bentuk kemitraan sekolah, faktor pendukung dan penghambat kemitraan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitiannya Wakil Kepala Sekolah bidang Hubungan Masyarakat (Humas) dan Hubungan Industri (Hubin), guru jurusan Teknologi Komputer Jaringan (TKJ), siswa Teknologi Komputer Jaringan (TKJ) yang magang di PT. Gammatechno Indonesia. Objek penelitian adalah data implementasi kemitraan sekolah dengan dunia usaha khususnya Jurusan Teknologi Komputer Jaringan (TKJ) dengan PT. Gammatechno Indonesia. Data di peroleh dengan cara wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian adalah pedoman wawancara dan pedoman dokumentasi. Analisis data menggunakan interactive model Miles dan Huberman yaitu, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian: 1) Proses kemitraan antara SMK Negeri 2 Depok dengan PT. Gamatechno Indonesia dapat dilihat dari partisipasi yang aktif siswa dalam mengikuti kemitraan dengan dunia usaha khususnya PT. Gamatechno Indonesia. 2) Kemitraan di SMK Negeri 2 Depok adalah bentuk kemitraan yang saling menguntungkan (mutualism partnership). 3) Faktor pendukung dan penghambat antara lain adalah teknologi, komunikasi, rekrutmen siswa, kepercayaan, dan fasilitas sekolah dan faktor-faktor penghambat diantaranya yaitu fasilitas yang ada dan komunikasi waktu.
Kata kunci : Kemitraan Sekolah, Dunia usaha
ABSTRACT
This study aims to describe the implementation of the partnership program with the business school, school partnerships, enabling and inhibiting factors partnerships. This study used descriptive qualitative approach. Vice Principal research subject in public relations (PR) and Industrial Relations (Hubin), teachers majoring in Computer Technology Network (TKJ), student of Computer Technology Network (TKJ) interns PT. Gammatechno Indonesia. The object of research is the implementation of data-school partnerships with the business world, especially the Department of Computer Technology Network (TKJ) with PT. Gammatechno Indonesia. Data were obtained by interview and documentation. The research instrument interview guides and documentation guidelines. Analysis of data using interactive model of Miles and Huberman ie, data reduction, presentation of data, drawing conclusions and verification of data. Test the validity of the data using triangulation of sources, and triangulation techniques. Results of the research: 1) The process of partnership between SMK Negeri 2 Depok with PT. Gamatechno Indonesia can be seen from the active participation of students in participating partnership with the business world, especially the PT. Gamatechno Indonesia. 2) Partnership at SMK Negeri 2 Depok is a form mutually beneficial partnerships (mutualism partnership). 3) supporting and inhibiting factors include technology, communications, recruitment of students, trust, and school facilities and inhibiting factors among which the existing facilities and the communication time.
Keywords: Partnership Schools, Businesses
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan mengenai implementasi program kemitraan sekolah dengan dunia usaha, bentuk kemitraan sekolah, faktor pendukung dan penghambat kemitraan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitiannya Wakil Kepala Sekolah bidang Hubungan Masyarakat (Humas) dan Hubungan Industri (Hubin), guru jurusan Teknologi Komputer Jaringan (TKJ), siswa Teknologi Komputer Jaringan (TKJ) yang magang di PT. Gammatechno Indonesia. Objek penelitian adalah data implementasi kemitraan sekolah dengan dunia usaha khususnya Jurusan Teknologi Komputer Jaringan (TKJ) dengan PT. Gammatechno Indonesia. Data di peroleh dengan cara wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian adalah pedoman wawancara dan pedoman dokumentasi. Analisis data menggunakan interactive model Miles dan Huberman yaitu, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian: 1) Proses kemitraan antara SMK Negeri 2 Depok dengan PT. Gamatechno Indonesia dapat dilihat dari partisipasi yang aktif siswa dalam mengikuti kemitraan dengan dunia usaha khususnya PT. Gamatechno Indonesia. 2) Kemitraan di SMK Negeri 2 Depok adalah bentuk kemitraan yang saling menguntungkan (mutualism partnership). 3) Faktor pendukung dan penghambat antara lain adalah teknologi, komunikasi, rekrutmen siswa, kepercayaan, dan fasilitas sekolah dan faktor-faktor penghambat diantaranya yaitu fasilitas yang ada dan komunikasi waktu.
Kata kunci : Kemitraan Sekolah, Dunia usaha
ABSTRACT
This study aims to describe the implementation of the partnership program with the business school, school partnerships, enabling and inhibiting factors partnerships. This study used descriptive qualitative approach. Vice Principal research subject in public relations (PR) and Industrial Relations (Hubin), teachers majoring in Computer Technology Network (TKJ), student of Computer Technology Network (TKJ) interns PT. Gammatechno Indonesia. The object of research is the implementation of data-school partnerships with the business world, especially the Department of Computer Technology Network (TKJ) with PT. Gammatechno Indonesia. Data were obtained by interview and documentation. The research instrument interview guides and documentation guidelines. Analysis of data using interactive model of Miles and Huberman ie, data reduction, presentation of data, drawing conclusions and verification of data. Test the validity of the data using triangulation of sources, and triangulation techniques. Results of the research: 1) The process of partnership between SMK Negeri 2 Depok with PT. Gamatechno Indonesia can be seen from the active participation of students in participating partnership with the business world, especially the PT. Gamatechno Indonesia. 2) Partnership at SMK Negeri 2 Depok is a form mutually beneficial partnerships (mutualism partnership). 3) supporting and inhibiting factors include technology, communications, recruitment of students, trust, and school facilities and inhibiting factors among which the existing facilities and the communication time.
Keywords: Partnership Schools, Businesses
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v8i1.15843
Refbacks
- There are currently no refbacks.