KEBIJAKAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SMP AL-HIKMAH KARANGMOJO GUNUNGKIDUL
Abstract
Penelitian ini untuk mendeskripsikan kebijakan pendidikan karakter di SMP Al-Hikmah serta faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan kajian dokumen. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru, karyawan, dan siswa. Analisis data penelitian yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dengan triangulasi teknik yaitu hasil penelitian dicek dengan observasi dan kajian dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kebijakan pendidikan karakter dicetuskan untuk membentuk perilaku siswa yang memiliki karakter yang baik. (2) Program pendidikan karakter yaitu program intrakurikuler dan ektrakurikuler. Pendidik dalam pendidikan karakter adalah diri sendiri, orang tua, guru, kepala sekolah, karyawan, teman, lingkungan masyarakat, dan media massa. Strategi pendidikan karakter melalui integrasi pembelajaran di sekolah dan pelajaran pesantren. Metode pendidikan karakter yaitu inkulkasi (penanaman) nilai, keteladanan, fasilitasi, dan pengembangan ketrampilan. Evaluasi dilakukan pada rapat-rapat sekolah. (3) Faktor pendukung kebijakan adalah kemauan siswa, integrasi pendidikan di sekolah dan pesantren. Faktor penghambat yaitu input siswa yang berasal dari berbagai daerah, sarana dan prasarana, dana, konsistensi guru dalam mengajar, pengaruh lingkungan, serta inovasi kurikulum di pesantren.
Kata kunci: Kebijakan, Pendidikan Karakter
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v4i2.1433
Refbacks
- There are currently no refbacks.